skip to main content

Perbedaan Presentasi Penutupan Karang di Perairan Terbuka dengan Perairan yang Terhalang Pulau-Pulau di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Jakarta

*Suryanti Suryanti  -  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, Indonesia
Fredy Hermanto  -  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan presentasi penutupan karang dan pengaruh faktor lingkungan di perairan terbuka dengan perairan yang terhalang pulau-pulau di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Jakarta.

Metode penelitian ini adalah metode survei yang bersifat deskriptif. Pengambilan data penutupan karang hidup menggunakan transek garis di perairan terbuka dengan perairan yang terhalang pulau-pulau dari pertama kali karang ditemukan hingga daerah tubir.

Hasil penelitian berdasarkan jarak dari pantai menunjukkan bahwa kondisi karang di perairan terbuka berada dalam kategori buruk,  sedangkan kondisi karang di perairan yang terhalang pulau-pulau sebagian besar berada dalam kategori baik. Penutupan karang tertinggi terdapat pada perairan yang terhalang pulau-pulau yaitu 78,83% dan  terkecil terdapat pada perairan terbuka yaitu 0,63 %. Parameter lingkungan dalam penelitian di kedua lokasi menunjukan kondisi yang layak untuk kehidupan terumbu karang. Pada perairan terbuka didapatkan hubungan penutupan karang dengan parameter lingkungan sebesar 81,54% sedangkan di perairan yang terhalang pulau-pulau sebesar 95,68%. Hasil analisis T hitung = 2,797 > T tabel = 2,051, sehingga dapat disimpulkan bahwa penutupan karang di kedua wilayah tersebut berbeda .

 

Kata kunci: Penutupan Karang, Perairan Terbuka, Perairan yang Terhalang Pulau-pulau

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 18:01:19

No citation recorded.