skip to main content

Epibion Makrofit Pantai Berpasir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Epibiont Macrophyte on Sandy Beach, in the Regency of Jepara, Central Java)

1Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro,, Indonesia

2Jl. Prof. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang, Indonesia. 50275., Indonesia

3Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Epibion merupakan organisme yang hidup melekat pada berbagai jenis substrat alamiah di dasar perairan dan berperan penting sebagai pemakan sisa. Bandengan dan Pulau Panjang adalah dua lokasi pantai berpasir yang terletak berdekatan di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Studi ini menginvestigasi epibion pada makrofit, yaitu makroalgae dan lamun di kedua lokasi, dengan metode survei. Epibion utama kedua jenis makrofit tersebut adalah mikroalgae dan mikrozoobentos, dengan jumlah dan keanekaragaman yang relatif tidak berbeda. Secara lebih detil, epibion utama makroalgae umumnya adalah mikroalgae planktonik dan mikrozoobentos, sedangkan epibion utama lamun adalah mikroalgae planktonik yang bersifat epifit. Struktur komunitas bentik yang mengandung Polychaeta dalam jumlah jenis dan jumlah individu terbanyak dibandingkan Crustacea dan Mollusca, dan tidak dijumpainya genera lamun pionir Halophila dan Halodule di kedua lokasi, mengindikasikan masih cukup baiknya kualitas hayati kedua pantai wisata tersebut.

Kata kunci: epibion, lamun, makroalga,  pantai berpasir, Jepara

Epibiont ​​is known as living organisms attached to various natural benthic substrates and plays an important role as scavenger. Bandengan and Pulau Panjang are two sandy beaches close to each other located at Jepara, Central Java. This study investigates epibionts on macrophytes, which are macroalgae and seagrasses in both locations, by means of survey method. In general, major constituent of epibionts in those two macrophytes are microalgae and microzoobenthos, with relatively similar individual number and diversity. In more details, epibionts in macroalgae is planktonic microalgae and microzoobenthos, whereas, for seagrass it is of epiphytic microalgae. Benthic community structure which have more abundant and more diverse Polychaeta compared to that of Crustacea and Mollusca, combined with no existence of pioneer seagrass, i.e., Halophila and Halodule indicating that both beaches have still retained relatively good quality ecosystem for tourism.

Keywords: epibiont, seagrass, macroalgae, sandy beach, Jepara

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 04:44:37

No citation recorded.