skip to main content

Faktor - Faktor yang Memengaruhi Kecemasan Berrkomunikasi di Depan Umum (Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara)

*Khoirul Muslimin  -  Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP Angkatan IV, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract :

Communication anxiety seems to be a reasonable thing happens in daily life. This is the reason that anxiety in communicating in public is a psychological phenomenon that must occur in every student. It’s just the issue of consent becomes a pathological phenomenon when anxiety is excessive. . This anxiety that produces a negative impact on student self, one in the academic field.This study aims to determine the factors causing anxiety to communicate in public on student faculty propaganda, with the study design using quantitative descriptive research. Sampling technique in this study is the total sampling as many as 107 students of the Faculty of Dakwah INISNU Jepara. While the analysis of data using multiple regression techniques.Based on calculations using the statistical regression coefficient formula obtained results that the factors that affect communication in public anxiety that degree of evalution, subordinate status and lack of communication skills and experience.

Keywords: Degree evaluation, subordinate status. Lack of skills and experience, communication anxiety in public.

Abstraksi :

Kecemasan berkomukasi tampaknya menjadi sesuatu yang wajar tejadi dalam kehidupan keseharian. Ini dengan alasan bahwa kecemasan dalam berkomunikasi di depan umum merupakan gejala psikologis yang pastinya terjadi pada setiap mahasiswa. Hanya saja persoalan yang dianggap wajar tersebut menjadi sebuah fenomena patologis ketika kecemasan itu berlebihan. . Kecemasan ini menghasilkan pengaruh yang negatif pada diri mahasiswa, salah satunya dalam bidang akademik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab timbulnya rasa cemas berkomunikasi di depan umum pada mahasiswa fakultas dakwah, dengan rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling sebanyak 107 mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik regresi berganda.Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik dengan menggunakan rumus koefisiensi regresi diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan berkomunikasi di depan umum yaitu perasaan sedang dievaluasi, merasa orang lain memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik, dan kurangnya kemampuan dan pengalaman dalam berkomunikasi.

Kata kunci: Perasaan dievaluasi, subordinate status, kurangnya kemampuan dan pengalaman, kecemasan berkomunikasi di depan umum.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-28 17:21:24

No citation recorded.