skip to main content

Manajemen Anestesi pada Pasien dengan Chiari Malformation dan Syringomyelia

1Bagian Anestesi dan Terapi Intensif, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana/ RSUP Sanglah, Indonesia

2Denpasar, Indonesia

Published: 1 Mar 2014.

Citation Format:
Abstract
Latar belakang: Chiari malformation merupakan kelainan anatomi dari otak kecil dimana tonsil cerebellum turun ke arah Foramen magnum dan menimbulkan serangkaian gejala klinis. Secara umum kelainan ini memiliki 4 tipe klasifikasi berdasarkan derajat beratnya kelainan anatomi dari cerebellum. Pada beberapa kasus dijumpai kelainan juga disertai dengan syringomyelia. Tindakan yang bisa dikerjakan untuk mengurangi gejala klinis antara lain dengan melakukan dekompresi pada tulang cranium bagian occipital, sehingga dapat mengurangi gejala penekanan pada bagian cerebellum yang turun.

Kasus: Pasien kami mengalami Chiari malformation tipe 2 dengan adanya syringomyelia. Gejala klinis yang muncul berupa nyeri kepala dan leher bagian belakang, disertai dengan kelemahan pada tangan kiri. Melalui tindakan operatif, dikerjakan dekompresi foramen magnum dan duroplasty. Anestesi dikerjakan dengan anestesi umum intravena, diberikan induksi dengan propofol dan fentanyl, pemeliharaan dengan propofol intravena dosis 100 mcg/kg/menit. Nyeri paska operasi pasien dikelola dengan epidural analgesia yang dipasang pada daerah setinggi vertebra cervical 3, dengan regimen bupivakain 0,1% dan morfin 0,5 mg dalam volume 5 ml.

Ringkasan: Chiari malformation adalah kelainan anatomi cerebellum yang memiliki potensi berbahaya. Kompresi yang terjadi pada foramen magnum dapat menyebabkan terjadinya bulbar palsy dan menyebabkan apnea. Tindakan dekompresi dikerjakan untuk mencegah terjadinya kelumpuhan tersebut. Pasien dengan Chiari malformation seringkali disertai dengan syringomyelia dan hidrosefalus. Manajemen anestesi yang direncanakan sebaiknya tidak menimbulkan peningkatan tekanan intra kranial.

Fulltext View|Download
Keywords: chiari malformation; syringomyelia

Article Metrics:

  1. Salman MS. The cerebellum in Chiari type II malformation. Neuroembryol Aging. 2008;5:14–22
  2. Wetjen NM. Chiari Malformation and Syringomyelia: Investigating the Natural History and Predicting Outcomes. Neurosciences Update 2011. 8(4) : 1-7
  3. Bejjani G.K. Definition of the adult Chiari malformation: a brief historical overview. Neurosurg Focus. 2000;11:1–8
  4. Fernández AA1, Guerrero AI, Martínez MI, Vázquez ME, Fernández JB, Chesa i Octavio E, Labrado Jde L, Silva ME, de Araoz MF, García-Ramos R, Ribes MG, Gómez C, Valdivia JI, Valbuena RN, Ramón JR.Malformations of the craniocervical junction (Chiari type I and syringomyelia: classification, diagnosis and treatment).BMC Musculoskelet Disord. 2009 Dec 17;10 Suppl 1:S1

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 08:07:26

No citation recorded.