skip to main content

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Dosen Unversitas Dian Nuswantoro Semarang)

*Florentina Esti Nilawati  -  Magister Manajemen Universities Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja dosen. Beberapa peneliti yang menghubungkan tiga variabel ini (Budaya organisasi, komunikasi dan komitmen organisasi) dengan kinerja menghasilkan kesimpulan yang sama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komunikasi terhadap komitmen organisasi dan pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja.
Populasi penelitian ini adalah dosen UDINUS, yang berjumlah 165 orang. Penelitian ini menggunakan SEM dengan AMOS sebagai alat analisisnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh implikasi managerial yang dapat disimpulkan adalah bahwa komitmen organisasi adalah faktor dominan yang dapat mempengaruhi kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya komitmen organisasi dalam meningkatkan kinerja. Hasil ini memberi masukan penting untuk UDINUS agar meningkatkan komitmen para dosen terhadap organisasi ini.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja, komitmen organisasi, komunikasi, budaya organisasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-18 09:19:23

No citation recorded.