Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL GIZI INDONESIA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Ketentuan Umum :

  1. Artikel merupakan hasil penelitian dan studi kasus di bidang Gizi klinik dan dietetik, foodservice, dan gizi masyarakat.
  2. Artikel yang dikirim untuk publikasi ke Jurnal Gizi Indonesia (JGI) wajid disertai form pernyataan keaslian naskah artikel, belum pernah dipublikasikan di jurnal ilmiah manapun dan tidak sedang dikirim ke jurnal ilmiah lain dalam waktu bersamaan. Form pernyataan dapat di download melalui : UNDUH. Artikel yang pernah di presentasikan dalam pertemuan ilmiah nasional maupun internasional dapat diajukan dengan mencantumkan catatan kaki (footnote).
  3. Artikel diketik pada kertas A4 dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, dengan format 1 kolom, ukuran huruf 12 pts dengan spasi 2 lines, menggunakan batas 2.5 cm pada semua sisi, jumlah halaman maksimal 25 halaman termasuk halaman grafik dan tabel, dan tidak diberi nomor halaman.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Sistematika artikel hasil penelitian adalah : judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, simpulan, ucapan terima kasih (jika ada) dan daftar rujukan
  5. Artikel harus asli dan dikirim memalui email ke jgi@fk.undip.ac.id. Penulis juga dapat mengirimkan artikel secara online di http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/user/register
  6. Keputusan untuk diterima atau ditolak akan diinformasikan melalui email korespondensi.

Pedoman Penulisan

1. Judul
  1. Judul artikel tidak boleh lebih dari 20 kata. Judul ditulis dengan huruf besar hanya pada awal kalimat, dengan ukuran huruf 14 pts. Judul harus dapat memberikan gambaran mengenai penelitian yang telah dilakukan dan hubungan antar-variabel yang diteliti.
  2. Nama latin dan istilah yang bukan bahasa Indonesia ditulis dengan huruf miring
2. Nama Penulis

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai dengan lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Penulis wajib menyantumkan alamat surat korespondensi meliputi, alamat pos, nomor telepon & fax, serta email. Apabila naskah ditulis oleh tim, maka cukup dicantumkan alamat surat korespondensi dari salah satu penulis penanggung jawab.

3. Abstrak
  1. Abstrak ditulis secara terstruktur dengan bahasa Indonesia dan Inggris, dicetak miring, berisi latar belakang (Background), tujuan (Objective), metode (Methods), hasil penelitian (Results) dan Simpulan (Conclusion).
  2. Abstrak berisi esensi artikel yang ditulis dengan jumlah kata 250-300
  3. Abstrak disertai kata kunci yang mewakili isi artikel dan digunakan sebagai kata penelusur (searching keywords) maksimal 5 kata kunci
  1. 4. Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang masalah, hasil kajian pustaka, dan diakhiri tujuan penelitian. Judul pendahuluan ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.

5. Bahan dan Metode
  1. Bahan dan metode ditulis dalam bentuk paragraf yang berisi desain penelitian, waktu, populasi / sampel / subyek penelitian, variabel yang diteliti, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  2. Untuk jenis penelitian yang menggunakan alat laboraturium untuk menganalisis variabel harus mencantumkan spesifikasi alat.
  3. Untuk penelitian ekperimental harus mencantumkan bahan utama dengan spesifikasi secara jelas.
  4. Untuk penelitian yang membutuhkan persetujuan etik, wajib mencantumkan bukti bahwa penelitian tersebut telah disetujui oleh komisi etik.
  5. Judul bahan dan metode ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal, sedangkan untuk sub-judul ditulis dengan huruf besar kecil yang dicetak tebal.
6. Hasil
  1. Hasil penelitian berisi grafik, tabel, serta paparan hasil analisis yang berkaitan dengan tujuan penelitian.
  2. Tabel dan gambar diberi judul serta keterangan yang jelas. Judul tabel diletakkan di atas tabel, sedangkan juduk gambar diletakkan di bawah gambar. Tabel dan |gambar diberikan nomor urut sesuai dengan urutan penampilan.
  3. Tabel dan gambar harus disertai softcopy Excel dan jpeg. Ukuran file maksimal adalah 2 MB, sehingga untuk gambar yang memiliki ukuran yang besar harap diedit terlebih dahulu menggunakan image editor (paint, photoshop, dll.) dengan format file : jpg atau png, atau menggunakan picture tools pada Microsoft Word
  4. Judul hasil ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal, sedangkan untuk sub-judul ditulis dengan huruf besar kecil yang dicetak tebal.
7. Pembahasan
  1. Pembahasan berisi pemaknaan hasil yang disertai dengan dukungan pustaka terkait baik berupa teori maupun hasil penelitian sejenis.
  2. Judul pembahasan ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal, sedangkan untuk sub-judul ditulis dengan huruf besar kecil yang dicetak tebal.

 

8. Simpulan
  1. Simpulan berisi jawaban atas tujuan penelitian, dan disertai dengan saran yang berdasarkan temuan penelitian.
  2. Judul simpulan ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.
9. Ucapan terima kasih (jika perlu)

Ucapan terima kasih dapat dituliskan nama instansi atau perorangan yang berperan dalam pelaksanaan penelitian.

10. Daftar Pustaka
  1. Semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka maupun sitasi menggunakan sistem nomor (Vancouver style).
  2. Penomoran disusun sesuai dengan urutan pemunculan dalam artikel dan ditulis dengan angka arab superscript.

Contoh :

…. WHO memprediksi prevalensi diabetes mellitus di Indonesia tiga kali lipat dari 8,4 juta kenaikan pada tahun 2000 menjadi 21,3 juta pada tahun 2030.12 ….

  1. Judul Jurnal disingkat sesuai dengan singkatan menurut singkatan ISI Journal Title Abbreviations. Daftar singkatan ini dapat dilihat / diakses pada http://www.efm.leeds.ac.uk/~mark/ISIabbr/A_abrvjt.html
  2. Tidak diperkenankan merujuk dari abstrak.
  3. Sumber pustaka minimal 80% berupa sumber pustaka primer terbitan 10 tahun terakhir.
  4. Daftar pustaka dari artikel yang telah diterima oleh suatu majalah, tetapi belum diterbitkan diberi tanda “in press” atau “forthcoming”. Artikel yang sudah dikirim ke suatu majalah, tetapi belum mendapat kepastian tentang diterima atau ditolak, disebutkan sebagai “unpublish observations”. Artikel ini jika sangat penting dapat dipakai sebagai bahan pustaka dengan izin tertulis dari penulis naskah tersebut.
  5. Judul daftar pustaka ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.
11. Contoh penulisan Daftar Pustaka
  1. Sumber jurnal ilmiah
  2. Sumber buku atau textbook dan monograf
  3. Sumber publikasi yang lain (Prosiding)

Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut:

Contoh:

Pengarang / Editor Tunggal

  • Faderer W. Statistics and Society : Data collection and interpretation. Edisi 2. New York: Marcel Dekker; 1991. 87-96

Dua atau lebih Pengarang / Editor

  • Braunwald E, Hauser S, Jameson J, India E. Harrison’s principles of internal medicine. Edisi 17. New York: McGraw-Hill; 2008. 211-234

Edisi Selanjutnya

  • Coombs J, Hall DO, Long SP. Techniques in bioproductivity and photosynthesis. Edisi 2. Oxford: Pergamon; 2005.

Pekerjaan Multivolume

  • Schteingart DE. Pankreas : Metabolisme glukosa dan diabetes meliitus. Dalam Price SA, Wilson LM. Patofisiologi : konsep klinis proses-proses penyakit. Edisi 6 Volume 2. Jakarta: EGC; 2003

Organisasi

  • World Cancer Research Fund. Food, nutrition and the prevention of cancer: a global perspective. Washington: World Cancer Research Fund / American Institute for Cancer Research; 2007.

Terbitan pemerintah

  • Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Kegiatan Gizi Dalam Penanggulangan Bencana. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2012

 

Kumpulan Artikel :

Nama Penulis. Judul chapter atau bagian. Dalam: Editor A, Editor B, editor. Judul: subjudul buku. Edisi (apabila bukan edisi pertama). Tempat diterbitkan: Penerbit; Tahun. Halaman.

Contoh:

Bab dalam Buku Saduran

  • Harris NG. Nutrition in aging. Dalam Mahan LK, Escott-Stump S. Krause’s Food, Nutrition, & Diet Therapy. Edisi 11. Philadelphia; Elsevier 2004. Halaman 78-90.

 

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Nama Penulis Artikel A, Penulis B, Penulis C. Judul Artikel. Nama singkat dari Jurnal.Tahun; volume: nomor halaman.

Contoh:

Artikel Jurnal

  • Arulmozhi DK, Veeranjaneyulu A, Bodhankar SL. Neonatal streptozotocin-induced rat model of type diabetes mellitus : a glance. Indian J. Pharmacol. 2004;38(4):217-221

Artikel Jurnal: Penulis lebih dari enam (6)

  • Koch J, Neal EA, Schlott MJ, Garcia-Shelton YL, Chan MF, Weaver KE, et al. Serum zinc and protein levels: lack of a correlation in hospitalized patients with AIDS. Nutrition. 1996; 12(7-8): 511-4.

Artikel Jurnal: Tanpa penulis

  • The Role of Zinc in Child Health in Developing Countries: Taking the Science where it Matters. Indian Pediatrics. 2004; 41: 429 – 433.

Artikel Jurnal yang ditulis organisasi

  • Diabetic Kidney Disease: A Report From an ADA Consensus Conference. Diabetes Care. October 2014; 37 (10): 2864-2883.

Artikel Jurnal: Suplemen dalam satu volume terbitan

  • American Diabetic Association. Diagnosis and Classification of Diabetes Mellitus. Diabetes Care January 2014 vol. 37 no. Supplement 1 S81-S90

 

Jurnal Elektronik (e-journal):

  • Dari database full text

Penulis A, Penulis B. Judul Artikel. Nama singkat dari Jurnal [format artikel]. Tahun [diunduh: tanggal bulan tahun]; volume (nomor): nomor halaman. Available from: Nama Database. Alamat link atau URL.

  • Dari internet

Penulis A, Penulis B. Judul Artikel. Nama singkat dari Jurnal [format  artikel]. Tahun [diunduh: tanggal bulan tahun]; volume (nomor): nomor halaman. Available from: Alamat link atau URL.

Contoh:

Artikel jurnal dari database teks lengkap

  • Olveira G, Tapia MJ, Ocón J, Cabrejas-Gómez C, Ballesteros-Pomar MD, Vidal-Casariego A, et.al. Study Group of Hyperglycemia in Parenteral Nutrition. The subjective global assessment predicts in-hospital mortality better than other nutrition-related risk indexes in non-critically ill in patients who receive total parenteral nutrition in Spain (prospective multicenter study). Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. 2013 [diunduh pada 24 Juli 2014]; 113(9): 1209-1218. Dapat diakses dalam: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S221226721300676X

 

Buku elektronik (e-book):

Penulis A, Penulis B. Judul E-book: sub judul [format]. Tempat terbit: Penerbit; tanggal publikasi asli [diunduh tanggal bulan tahun]. Available from: sumber atau URL.

Contoh:

Buku elektronik (e-books)

  • Prasad KN. Neurodegenerative Disease and Micronutrients: Prevention and Treatment [E-book]. Danver (US): CRC Taylor & Francis Group 2015 (Diunduh 15 Juli 2015). Available from: CRC Net Base.

Bab dalam buku elektronik

 

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

  • Tidak Dipublikasikan

Nama Penulis A. Judul Tesis: subjudul. Tidak Dipublikasikan [format]. Lokasi Universitas: Universitas; Tahun.

  • Dipublikasikan

Nama Penulis A. Judul Tesis: subjudul. Tempat Publikasi: Penerbit; Tahun Publikasi.

  • Thesis yang diambil dari full text database

Nama Penulis A. Judul Tesis: subjudul. Jenis Tesis [format]. Lokasi Universitas: Universitas; Tahun. Available from: Nama Database.

Contoh:

  • Suciani S. Kadar Timbal Dalam Darah Polisi Lalu Lintas Dan Hubungannya Dengan Kadar Hemoglobin. [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2007.

 

Makalah Seminar, Lokakarya,Penataran, Konferensi:

  • Makalah Konferensi dalamBentukProsiding Cetak

Penulis makalah A., Penulis makalah B.Judul makalah. Dalam:  Editor  A,  Editor B, Editor. Judul Prosiding: Prosiding dari Judul Konferensi: Subjudul Konferensi; tanggal bulan tahun; Lokasi. Tempat Publikasi: Penerbit; Tahun. Nomor Halaman.

  • Makalah Konferensi dariInternet

Penulis makalah A., Penulis makalah B. Judul makalah. Dalam: Prosiding dari Judul Konferensi:  Subjudul Konferensi; tanggal bulan tahun; Lokasi. Tempat Publikasi: Penerbit; Tahun. Available from: URL atau Nama Database.

  • ProsidingKonferensi

Editor A, Editor B,  Editor. Judul  Konferensi: subjudul konferensi; tanggal bulan tahun; Lokasi. Tempat Publikasi: Nama Penerbit; Tahun.

Contoh:

Makalah Konferensi dalamBentukProsiding Cetak

  • Prangdimurti E, Muchtadi D, Astawan M, Zakaria FR. Kapasitas Antioksidan dan Hipokolesterolemik Ekstrak Daun Suji. Dalam Prosiding Seminar PATPI: Pengembangan Teknologi Pangan untuk Membangun Kemandirian Pangan. 2-3 Agustus 2006; Yogyakarta; PATPI; 2006.

Makalah Konferensi dariInternet

  • Wariyah C,Riyanto. Sifat fisik dan akseptabilitas minuman gel lidah buaya (Aloe vera var. chinensis). Dalam : Prosiding dari Seminar Nasional PATPI: 15-17 September 2011; Manado; 2011 (Diunduh 10 Agustus 2015). Halaman 297 – 300. Available from lppm.mercubuana-yogya.ac.id/

 

Untuk referensi atau tulisan yang diambil dari internet (online) harap mengikutsertakan link URL dari artikel tersebut seperti contoh dibawah ini:

  • Penulis A, Penulis B. Judul Dokumen. Nama HalamanWebsite [format]. Sumber/ referensi; TanggalPublikasi Internet [diunduh: tanggal bulan tahun]. Available from: link URL.

Contoh:

 

Dokumen Resmi:

  • Pusat   Pembinaan   dan   Pengambangan   Bahasa.   Pedoman   Penulisan   Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta:PTArmas Duta Jaya. 1990.

 

Buku Terjemahan:

  • Kee JL. Buku Saku Pemeriksaan Laboratorium dan Diagnostik dengan Implikasi Keperawatan. Terjemahan oleh Ester M. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 1997.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.