skip to main content

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH SPBU

*Farizal Farizal  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Nanang Surya Putra  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Masukknya retailer asing kedalam pasar penjualan bahan bakar minyak (BBM) mengakibatkan tingkat persaingan antar stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) semakin tinggi. Persaingan tidak hanya antar SPBU domestik tapi juga dengan pemain baru dari luar. Dengan kondisi persaingan yang ketat tersebut, hal utama yang harus diprioritaskan oleh para retailer agar mampu bertahan, bersaing dan tetap mengusai pasar adalah memberikan layanan yang prima dan menyediakan fasilitas pendukung yang dibutuhkan konsumen sehingga dapt memberikan kepuasan pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis dan prioritas layanan apa dan fasilitas pendukung yang mana yang harus ada pada sebuah SPBU. Penelitian dilakukan melalui survey terhadap 211 responden dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan metode Analisa Faktor. Hasil analisis memperlihatkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi konsumen dalam memilih SPBU di dalam kota Jakarta adalah kejelasan tanda dan petunjuk lokasi di SPBU, sedangkan untuk SPBU di luar kota adalah tata cahaya pada waktu malam hari. Adapun variabel yang tidak mempengaruhi konsumen dalam memilih SPBU adalah ketepatan ukuran meteran bahan bakar.

 

 

 

ABSTRACT

 

Nowaday national gasoline market becomes tighter with the entrance of foreign retailers to the field. Competition is not only among domestic gas stations but also between local and foreign stations. At this situation, to survive and win the competition retailers should maintain customer satisfaction through serving good service(s) and providing facilities needed. This research aims to determine which service(s) is needed and which one is not as well what facility(s) are necessary, should be available, or can be omitted. For the purpoase, a survey was conducted. Of 211 respondents participated, the results then were analyzed using Faktor Analysis method. The findings are the most important variable to choose a city gas station is the station map and legend clarity  and station light sufficiency for out of town gas station.While the most neglible variable is the station dispenser accuracy for both city and out of town gas stations.

Fulltext View|Download
Keywords: Pemilihan SPBU; kepuasan pelanggan; survey konsumen; analisa faktor

Article Metrics:

Last update:

  1. Fuel distribution optimization with gas stations addition to anticipate the increasing of demand in Lombok Island

    Lana Lamansyah, Oksil Venriza, Andian Ari Istiningrum, Ferry Noegroho. APPLIED PHYSICS OF CONDENSED MATTER (APCOM2023), 3054 , 2024. doi: 10.1063/5.0182337

Last update: 2024-04-19 15:29:52

No citation recorded.