Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Sebelum mengirimkan naskah (submission process) pastikan penulis sudah melakukan registrasi pengguna (user) di sini.  Perhatikan dalam melakukan registrasi user, centang AUTHOR pada bagian REGISTER AS. Setelah proses registrasi selesai, SUBMISSION bisa dilakukan melalui USER HOME dan NEW SUBMISSION.

Unduh template Jurnal Masyarakat Informatika (J_MASIF) dalam format Microsoft Word disini atau disini.

J_MASIF menerima naskah hasil penelitian (research article) maupun kajian ilmiah (review article) mengenai permasalahan-permasalahan yang erat hubungannya dengan bidang Ilmu Komputer.


Artikel yang dikirim harus bersifat orisinal, belum pernah dipublikasikan maupun sedang dikirimkan ke jurnal ataupun media publikasi yang lain.  Apabila dikemudian hari diketahui adanya pemuatan artikel yang sama pada jurnal atau media publikasi yang lain, maka penulis dari artikel terkait akan di-black list pada penerbitan J_MASIF untuk nomor-nomor selanjutnya.  Sedangkan apabila artikel yang telah dimuat diketahui adanya unsur plagiasi dikemudian hari, maka artikel tersebut akan dicabut dari J_MASIF dan selanjutnya akan diumumkan pada penerbitan J_MASIF nomor selanjutnya.


Setiap naskah yang diterima akan direview dan dinilai substansi kelayakannya oleh paling sedikit 2 orang pakar mitra bestari (peer reviewer) sebagai penilai independent dalam bidang kepakaran yang sesuai. Untuk menjamin fairnesss dari proses penilaian yang dilakukan hanya pada isi naskah dilakukan dengan menghilangkan identitas penulis (blind review).


Naskah yang diterima dianggap telah menyelesaikan ijin penulisan dari penulis-penulis yang lain apabila naskah tersebut merupakan hasil kerja anggota kelompoknya. Selain itu, apabila naskah terkait juga memuat segala sesuatu (gambar, tabel, dan lain-lain) yang memiliki hak cipta (copyright) dari pihak lain maka penulis pertama wajib menyelesaikan seluruh kewajiban terkait hal tersebut.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan maupun sedang dikirimkan ke jurnal ataupun media publikasi yang lain serta bebas dari unsur plagiasi.

  2. File naskah yang dikirimkan dalam format Microsoft Word dan menggunakan template yang telah disediakan disini atau disini

  3. Nama penulis dan afiliasi dari penulis tidak dicantumkan dalam file naskah yang dikirimkan untuk proses BLIND PEER-REVIEWED.

  4. Naskah artikel memiliki jumlah halaman antara 7 s/d 15 halaman kertas ukuran A4 dan menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1.15 pt dengan ukuran margin luar 2 cm, dalam 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 2 cm.

  5. Abstrak telah dituliskan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  6. Sitasi dan teknik penulisan daftar pustaka sesuai dengan panduan penulisan yang dapat diakses melalui AUTHOR GUIDELINES serta menggunakan salah satu reference manager seperti Mendeley.

  7. Minimal 80% referensi diacu dari referensi primer, seperti jurnal dan prosiding.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.