Pengaruh Kompetensi Menjual, Kualitas Hubungan, dan Pengalaman Menjual untuk meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada PT. New Ratna Motor Semarang)


Article Info
Submitted: 06-04-2017
Published: 01-06-2017
Section: Research Article

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi menjual, kualitas hubungan, dan pengalaman menjual untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualan di PT. New Ratna Motor. AdapunĀ  objek pada penelitian ini adalah tenaga penjualan PT. New Ratna Motor. Sampel pada penelitian ini sebanyak 139 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sensus.

Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik structural equation model (SEM) dari software AMOS 22. Hasil pengujian menggunakan SEM menunjukan kriteria goodness of fit full model adalah Chi-Square = 92,407; Probability = 0,000; CMIN/DF = 1,925; GFI = 0,893; AGFI = 0,826, TLI = 0,960; CFI = 0,971; dan RMSEA = 0,084. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model dalam penelitian ini layak untuk digunakan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi menjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hubungan, pengalaman menjual tidak berpengaruh terhadap kualitas hubungan, pengalaman menjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi menjual, pengalaman menjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan, kompetensi menjual tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan, kualitas hubungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian selanjutnya.

Keywords

Kompetensi Menjual, Kualitas Hubungan, Pengalaman Menjual, dan Kinerja Tenaga Penjualan

  1. Aulia Arma 
    MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO , Indonesia
  2. Augusty Tae Ferdinand 
  3. Susilo Toto Raharjo