Persepsi Pemustaka tentang Layanan Reserve Books UPT Perpustakaan UNDIP

Haryani Haryani
DOI: 10.14710/lenpust.3.1.43-57

Abstract

Kajian Persepsi Pemustaka tentang  Layanan Reserve Books pada UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro merupakan kajian yang dilakukan untuk mengetahui persepsi pemustaka tentang kualitas layanan Reserve Books UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro yang dilihat melalui koleksi, temu balik informasi, infrastruktur dan sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam  kajian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan penyebaran kuesioner menggunakan kuota sampling. Keseluruhan responden  berjumlah 50 (lima puluh) orang mahasiswa dari 12 (dua belas) fakultas yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro serta pemustaka yang berasal dari luar Universitas Diponegoro. Pengambilan sampel dilakukan dengan kuota sampling. Hasil kajian  dari indikator koleksi yang meliputi kelengkapan dan keragaman judul buku, kebaruan tahun terbit, kondisi fisik buku dan ketersediaan buku dipersepsikan oleh pemustaka sudah baik ; hasil dari indikator infrastruktur yang meliputi pencayahayaan ruang, kenyamanan pendingin ruangan,serta  sarana penelusuran juga dipersepsikan pemustaka sudah baik ; hasil dari indikator SDM meliputi keramahan, sikap, responsivitas, penampilan petugas/pustakawan dipersepsikan sudah baik ; hasil untuk indikator temu balik informasi yang meliputi penataan koleksi dan kesesuaian penataan koleksi dengan kode rak  dipersepsikan sudah baik sedangkan untuk kecepatan atau kemudahan  menemukan bahan pustaka pada rak serta validasi data pada OPAC masih dipersepsikan kurang baik.

Full Text: PDF

Keywords

layanan reserve books; layanan cadangan; persepsi pemustaka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.