skip to main content

Pengaruh Pergerakan U – Turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kecepatan Arus Lalulintas Menerus (Studi Kasus Jalan Brigjen Myoenoes , Kota Kendari)

*Adris Ade Putra  -  Program Doktor Teknik Sipil, Indonesia
Ady Sarwono Sarewo  -  Jurusan Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Existence U-Turn facilities in Brigjen M. Yoenoes road aim to give opportunity for vehicle rider doing turning movement, but existence U-Turn facilities in Brigjen M. Yoenoes road exactly generate friction to security and freshmnet through traffic. This matter is happened because vehicle volume which doing turning movement very high especially in peak hour. The aim of this research doing for to know influence value turning movement variable (time turning movement and time headway) and density in Brigjen M. Yoenoes road to level of performance especially space-mean speed through traffic. Used data in this analysis obtained from result survey in three days start from 07.00 – 18.00 WITA in peak hour. From result analysis with program SPSS 11.5 for Windows, obtained regression equation for every direction traffic. For direction Pasar Baru – Kota : . For direction Kota – Pasar Baru : . From this equation, we can to know influence value which generated from independent variable to space-mean speed through traffic descent.

Keywords : time turning movement, time headway, density

ABSTRAK

Keberadaan fasilitas U-TURN pada Jalan Brigjen M. Yoenoes bertujuan untuk memberikan peluang untuk pengemudi kendaraan dalam melakukan pergerakan memutar. Tetapi kebaradaan U-TURN  pada Jalan Brigjen M. Yoenoes tidak sepenuhnya memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas. Hal ini terjadi karena volume kendaraan yang melakukan pergerakan memutar sangat tinggi terutama pada jam sibuk. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel pergerakan memutar (waktu pergerakan memutar dan waktu antara dan kepadatan) di Jalan Brigjen M. Yoenoes pada tingkat keadaan terutama kecepatan rata-rata ruang kendaraan. Data yang digunakan dalam analisis ini diperoleh dari hasil survey dalam 3 hari mulai dari Pukul 07.00-18.00 WITA pada jam puncak. Dari hasil analisis dengan program SPSS 11,5 For Window diperoleh persamaan regresi untuk setiap arah lalu lintas.Untuk arah Pasar Baru-Kota :Y=31,506 + 0,380 X1 + 0.092 X2 Untuk arah Kota-Pasar Baru :Y=44,063 – 0.189 X1 + 0.97 X2. Dari nilai ini kita dapat mengetahui besarnya pengaruh yang diperoleh dari variable bebas untuk kecepatan rata-rata ruang pada arus lalu lintas menurun.

Kata Kunci: Waktu pergerakan memutar, waktu antara, kepadatan
Fulltext View|Download
Keywords: Waktu pergerakan memutar, waktu antara, kepadatan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 17:05:54

No citation recorded.