Editorial Policies

Focus and Scope

Masalah-Masalah Hukum, sebuah jurnal nasional terakreditasi, menyediakan sebuah wadah untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review dan buku ulasan dari akademisi, analis, praktisi dan mereka yang tertarik untuk memberikan literatur tentang Ilmu Hukum dalam semua aspek. Artikel ilmiah yang membahas Hukum Perdata, Hukum Administrasi, Hukum Indonesia, Hukum Bisnis, Hukum Konstitusi, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Islam, Filsafat Hukum diterima dengan terbuka di jurnal ini.

Section Policies

Articles

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Front Matter

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Artikel-artikel yang dimuat di jurnal ini, sudah melalui proses review setidaknya oleh 2 orang reviewer secara single-blind. Review dilakukan selama 4-8 minggu sejak artikel diterima. Keputusan diterima tidaknya artikel menjadi kewenangan Ketua Editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Pemeriksaan unsur plagiasi dilakukan melalui pencarian di Google Scholar dan Turnitin.

Publication Frequency

Jurnal Masalah-Masalah Hukum diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Diponegoro empat kali setahun pada bulan Januari, April, Juli, Oktober.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

Publication Ethics and Malpractice Statement

Jurnal Masalah Masalah Hukum adalah jurnal elektronik yang telah melalui proses Peer-Review. Halaman ini akan menjelaskan Pedoman Etik Publikasi bagi semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Editorial, Mitra Bestari dan Penerbit (Universitas Diponegoro). Aturan dalam halaman ini telah sesuai dengan COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.


A. Pedoman Etik untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam Jurnal Masalah-Masalah Hukum harus melalui proses Peer-Review yang penting bagi pengembangan jaringan ilmu pengetahuan yang koheren dan terhormat. Hal tersebut merupakan suatu bentuk pengakuan akan kualitas artikel penulis dan institusi yang berada dibelakangnya. Peer-Review atas artikel merupakan bentuk pelaksanaan dan perwujudan dari metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etik yang diharapkan bagi semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: Penulis, Editor Jurnal, Mitra Bestari, Penerbit dan Masyarakat.

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro sebagai Penerbit Jurnal Masalah-Masalah Hukum menyadari tugasnya sebagai penanggungjawab dalam setiap proses penerbitan secara serius, baik dalam hal etika maupun tanggungjawab yang lainnya. Kami komitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak akan berdampak atau mempengaruhi keputusan editorial. Selain itu, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dan Dewan Editor akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal yang lain / penerbit lainnya apabila dibutuhkan dan diperlukan.

Keputusan untuk Publikasi

Editor Jurnal Masalah-Masalah Hukum bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang harus diterbitkan dari artikel-artikel yang telah dikirimkan. Validitas artikel dan manfaat bagi peneliti dan pembaca harus dijadikan sebagai faktor penentu dalam setiap pembuatan keputusan. Para Editor akan mendasarkan pada kebijakan dari Dewan Redaksi Jurnal dan aturan-aturan hukum yang umumnya berlaku seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor lainnya atau Mitra Bestari dalam membuat keputusan tersebut.

Asas Permainan yang Adil

Editor dalam mengevaluasi naskah harus berdasarkan konten intelektual artikel itu sendiri, tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari para penulis.

Kerahasiaan

Editor dan setiap Staf Editorial tidak diperkenankan mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang telah diserahkan kepada orang lain selain Penulis, Reviewer, Calon Reviewer, Editor lain, dan Penerbit.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang belum dipublikasikan dalam sebuah naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

B. Tugas Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial, dan melalui komunikasi editorial dengan penulis, reviewer juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas artikel yang bersangkutan.

Ketepatan Waktu

Setiap Reviewer yang ditunjuk dan merasa bahwa dirinya tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengulas artikel tertentu atau mengetahui bahwa reviewnya tidak akan selesai pada waktunya harus melakukan pemberitahuan kepada editor dan mengundurkan diri dari proses review artikel.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk di-review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh Editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik atas pribadi Penulis adalah tidak etis. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dan didukung oleh argumen yang baik, kecuali diizinkan oleh editor.

Pengakuan atas Sumber Referensi

Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang telah diterbitkan dan belum dikutip oleh Penulis. Pernyataan observasi, derivasi, atau argumen telah diteliti sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus memberitahu Editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang dipertimbangkan dengan setiap makalah orang lain yang mereka ketahui sebelumnya.

Kerahasiaan dan Konflik Kepentingan

Informasi rahasia atau ide yang diperoleh melalui Peer-Review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak diperbolehkan me-review naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetitif, kolaboratif, atau lainnya hubungan atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga terhubung dengan artikel yang di-review.

 

C.Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis penelitian harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian yang dilakukan serta berikut tujuan dan manfaat dari penelitian tersebut. Data yang dijadikan dasar harus disajikan secara akurat dalam artikel yang dikirimkan. Artikel harus mengandung detail dan referensi yang cukup untuk mengizinkan orang lain untuk meniru / meneruskan penelitian tersebut. Tindakan penipuan atau ketidakakuratan yang disengaja dalam menyajikan data maupun referensi merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Penyimpanan Data

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan artikel untuk editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut (konsisten dengan ALPSP-STM Statement on Data and Database), jika memungkinkan. Penulis wajib untuk menyimpan data tersebut dalam waktu yang wajar setelah publikasi dalam kondisi apapun.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli atau ditulis sendiri, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan / atau kata-kata dari orang lain harus memastikan bahwa hal tersebut telah tepat dikutip.

Pengiriman Artikel lebih dari Satu Jurnal.

Seorang penulis tidak diperbolehkan mempublikasikan naskah penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam penulisan karya ilmiahnya.

Penyebutan Penulis

Penyebutan Penulis harus dibatasi kepada orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dikirimkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis pendamping. Apabila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa yang tercantum di dalam artikel adalah semua co-penulis sesuai dan tidak ada co-penulis yang tidak seharusnya, dan bahwa semua co-penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari artikel yang dikirimkan dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi.

Pengungkapan  Sumber  Keuangan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka, setiap konflik substantif terkait sumber keuangan atau kepentingan pihak ketiga, yang dapat mempengaruhi obyektifitas artikel yang dikirim. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek / penelitian dalam artikel yang dikirim harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan signifikan dalam karya yang diterbitkan sendiri,  adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel tersebut.