skip to main content

PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR TRADISIONAL PADA HOTEL GRAND HYATT BALI

*Haryanto Haryanto  -  Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Dhanoe Iswanto  -  Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Arsitektur tradisional merupakan ilmu yang memiliki berbagai dasar-dasar falsafat, ekologi, teknologi, estetik, tata laksana, tata ritual, sosiologi, dan sebagainya secara lengkap dan menyeluruh dan terperinci. Berbagai arsitektur tradisional yang telah melembaga dengan mantap dan utuh, pada umumnya mengandung pengetahuan dan pengertian yang sangat mendalam dan luas mengenai tata ruang waktu bagi kehidupan manusia di akherat.

Produk arsitektur Bali tidak bisa lepas dari konsepsi hidup orang Bali yang sangat erat kaitannya dengan norma-norma keagamaan (agama Hindu Dharma). Dengan berlandaskan kepercayaan dan budaya yang mereka anut, terciptalah produk arsitektur yang sangat bernilai regili. Perpaduan modern dan tradisional disajikan secara apik dan menghasilkan produk yang selaras/serasi dengan penikmat arsitektur tersebut.

Perpaduan modern-tradisional yang kental dapat terlihat pada daerah-daerah wisata serta perhotelannya. Salah satunya adalah Hotel Grand Hyatt Bali. Perpaduan modern-tradisional yang tetap menjunjung nilai religi sangat apik disajikan oleh arsiteknya. Berbagai ornamen tradisional tersaji di dalamnya. Tetapi di samping ketradisionalan tersebut, Grand Hyatt Bali juga tetap mengikuti trend arsitektur masa kini.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 04:40:56

No citation recorded.