Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for REAKTOR?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

Informasi Umum. atau dapat didwonload link berikut

Reaktor diterbitkan sejak 1997 dengan frekuensi 2 (dua) kali setahun setiap bulan Juni dan Desember. Namun mulai tahun 2012, Jurnal Reaktor terbit setiap bulan April dan Oktober. Jurnal Reaktor merupakan jurnal yang telah terakreditasi dengan nomor akreditasi SK No. 66b/DIKTI/Kep/2011 dengan p-ISSN No. 0852-0798 dan e-ISSN No. 2407-5973. Reaktor telah terakreditasi oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan No. 60/E/KPT/2016 tangal 13 Nopember 2016. Reaktor dicetak dari artikel-artikel yang dikirim ke Redaksi Jurnal Reaktor setelah melalui proses review oleh Dewan Redaksi dan/atau Mitra Bebestari. Setiap artikel yang dikirimkan harus terbebas dari unsur plagiarsm maupu autoplagiarsm.

 Jurnal Reaktor sebagai jurnal nasional yang telah terakreditasi sudah dikembangkan sistem pengelolaan secara online. Proses submitted /pendaftaran artikel dan proses telaah artikel dikerjakan secara online. Pada saat ini Jurnal Reaktor telah diindeks oleh beberapa mesin indexing seperti; Indonesia Citation Index, Google Scholar, Portal Garuda, Eprint UNDIP, Openaccessarticles, Research Bible, DAIJ (Directory of Abstract Indexing Journal), OAJI (Open Academic Journal Index), EZB Nutzeranfragen, World Cat, SHERPA/RoMEO dan DOAJ.

Artikel dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar. Artikel dapat berupa hasil-hasil penelitian, kajian teori (state of the art), maupun analisis serta pemecahan permasalahan di industri yang relevan dengan bidang ilmu teknik kimia, yang belum pernah dipublikasikan dalam media publikasi lainnya.

Petunjuk Umum

Artikel harus ditulis pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm). Artikel ditulis tanpa nomor halaman dan disusun dengan urut-urutan topik bahasan: Pendahuluan, Metode Penelitian (atau Pengembangan Model), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (kalau ada), Daftar Notasi (jika ada) dan Daftar Pustaka. Abstrak dan Judul ditulis dalam 2 (dua) bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Petunjuk Penulisan

Penulis dapat juga mengunduh template dari Rea

 

Copyright Notice

Kode etik yang wajib dipenuhi oleh para Penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada Reaktor :

  1. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct memahami manfaat /keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  2. Artikel yang dipublikasikan bebas dari malalaku (misconduct), meliputi : Rekaan (fabrikasi), pemalsuan data (falsifikasi), dan Plagiarism / autoplagiarism. 
  3. Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.
  4. Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan bidang ilmu Jurnal Reaktor yaitu Teknik Kimia.
  5. Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi meresahkan masyarakat.
  6. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompetens dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.
  7. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak) 
  8. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 
  9. Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis, yang dijamin Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme yang ditulis di atas meterai oleh Penulis.

Bagi setiap penulis di Jurnal Reaktor diwajibkan mengisi Surat Peryataan yang menjelaskan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan di Jurnal maupun konferensi /seminar manapun. Contoh Surat Peryataan dapat diownload pada link Surat Peryataan atau pada format doc berikut ini.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.