skip to main content

CONSUMER PREFERENCE IN TYPE OF HOUSE APPEARANCE OFFERED BY HOUSING DEVELOPER IN SEMARANG

*Ali Alsharef Khlil Khalifah  -  Program Studi Magister Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Hayam Wuruk 5, Kampus Undip Pleburan, Semarang,, Indonesia
Edward E. Pandelaki  -  Program Studi Magister Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Hayam Wuruk 5, Kampus Undip Pleburan, Semarang,, Indonesia
Siti Rukayah  -  Program Studi Magister Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Hayam Wuruk 5, Kampus Undip Pleburan, Semarang,, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Persaingan tajam antara bisnis properti perusahaan meningkat seiring dengan bertambahnya populasi dengan meningkatnya kebutuhan rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi konsumen tentang penampilan rumah yang ditawarkan oleh pengembang perumahan di Semarang. Populasi dalam penelitian ini pengunjung dari pameran perumahan diselenggarakan di beberapa Mall di Semarang. Teknik analisis yang digunakan adalah persepsi responden tentang preferensi konsumen dalam jenis penampilan rumah dengan analisis deskriptif karena dalam analisis deskriptif akan mencerminkan pendapat sebenarnya dari responden penelitian. Berdasarkan hasil dan analisis, kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Jenis rumah yang konsumen paling sukai adalah tipe minimalis dan yang kedua adalah tipe Vernakular. Hal ini karena bentuk Minimalist yang ramping dan menarik di hampir setiap ruang. Tipe Minimalis juga memiliki keunikan yang sangat sederhana dan menarik juga modern. Jenis minimalis sangat populer dan harga yang lebih rendah. Sementara itu, jenis vernakular lebih hampir oleh pengusaha yang berasal dari masyarakat kelas tinggi dan mereka mengatakan jenis vernakular besar dan mewah, juga georgeous.

[Title: Consumer Preference in Type of House Appearance Offered by Housing Developer in Semarang] Competition among companies property enhances along with increasing population coupled with the increasing needs of house. The purpose of this study is to analyze the consumer preference in type of house appearance offered by housing developer in Semarang. The method used in this research is qualitative methods because the qualitative methods more better in explaining the phenomena in practices. The analytical method used is depending on respondent perception about consumer preference in type of house appearance with descriptive analysis. The house type that the consumer prefer mostly is minimalist type and the second is Vernacular type. This is because the spare and streamlined is charming in almost any space.

Fulltext View|Download
Keywords: preferensi konsumen; penampilan rumah; pengembang rumah; consumer preference; house appearance; developer

Article Metrics:

  1. Abrams, C. (1964). Housing in the Modern World. Man‟s Struggle for Shelter in an Urbanizing World. Africa Today, 11(8). 12-14: Indiana University Press
  2. Ahsen, O. & Gulcin, P.G. (2005). Space use, dwelling layout and housing quality: an example of low cost housing in Istanbul. England: Ashgate publishing Limited
  3. Amole, O.O. (1997). An Evaluation of Students‟ Residential Facilities in Some Nigerian universities. Ph.D Thesis, submitted to the Department of Architecture Obafemi Awolowo University, Ile-Ife
  4. Aroni, S. & Hasson, S. (1982). The Meaning of Public Housing in Los Angeles: Contradictory Functions and Values. ITCC Review. (44) 21- 31
  5. Boswell, Keith. (2013) Exterior Building Enclosures. John Wiley & sons, Inc, p. 11
  6. Johnson, M. P. (2006). Decision Models for Affordable Housing and Sustainable Community Development. Carnegie Mellon University, 5000 Forbes Ave. Pittsburgh, PA 15213-3890, Submission to special issue of Journal of the American Planning Association
  7. Kotler, P. (2010). Marketing Management. Prentice Hall
  8. Krier, L. (1988). Architectural Design. Domus, 58 (1), May 1988
  9. Nicholson, M. (1994). Formal methods of analysis in IR: A Guide to Theory. New York: Pint Publishers
  10. Ogunsakin, L. (1988). Urbanisation and Urban Housing in the Third World. Unpublished Ph.D Thesis, Submitted to Aristotle University of Thessalonika; Greece
  11. Oktaviani. (1996). Consumer Preference. Jakarta: Erlangga
  12. Salau. (1992). Consumer Behavior. 8th edition,
  13. Prentice Hall

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 03:28:10

No citation recorded.