Hubungan Persen Lemak Tubuh dan Aktifitas Fisik dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Remaja Putri

*Etisa Adi Murbawani  -  Bagian Gizi,Fakultas Kedokteran,Universitas Diponegoro, Indonesia
Lailatul Firiana  -  BagianGizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 13 Jul 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Kesegaran jasmani merupakan indikator yang penting bagi remaja. Lemak tubuh yang berlebihan dapat menurunkan kesegaran jasmani dan beresiko terserang berbagai penyakit. Penurunan aktivitas fisik dapat berakibat penurunan aktivitas organ tubuh yang berperan pada kesegaran jasmani. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan persen lemak tubuh dan aktivitas fisik dengan tingkat kesegaran jasmani remaja putri SMA N 1 Semarang.

Metode: Penelitian analitik dengan desain cross sectional. Empat puluh remaja putri usia 15-17 tahun diperoleh dengan metode purposive sampling. Kesegaran jasmani diukur dengan metode Multistage Fitness Test. Persen lemak tubuh diukur dengan BIA Omron HBF-200. Aktivitas fisik diukur dengan kuesioner Physical Activity Questionnaire for Adolescents. Data asupan diperoleh dengan FFQ- SQ.

Hasil: Sebagian besar subjek memiliki tingkat kesegaran jasmani kategori rendah (47,5%). Ada hubungan antara persen  lemak tubuh dengan tingkat kesegaran jasmani (p 0,001). Ada hubungan aktivitas fisik dengan tingkat kesegaran jasmani (p 0,001). Ada hubungan antara asupan energi    (p 0,003) dan karbohidrat (p 0,002) dengan tingkat kesegaran jasmani

Simpulan: Ada hubungan persen lemak tubuh dan aktivitas fisik dengan  tingkat kesegaran jasmani remaja putri SMA N 1 Semarang.

Kata kunci: kesegaran jasmani, persen lemak tubuh, aktivitas fisik, remaja putri

Article Metrics:

Last update: 2021-02-25 15:25:37

No citation recorded.

Last update: 2021-02-25 15:25:38

No citation recorded.