HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN KUALITAS HIDUP PENDERITA SKIZOFRENIA

*Titis Hadiati - 
Published: 18 May 2019.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Sejumlah penelitian telah melaporkan bahwa penderita skizofrenia memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih besar dibanding populasi normal. Penderita skizofrenia sangat beresiko memiliki berat badan yang berlebih, sehingga peningkatan Indeks Massa Tubuh (IMT) memiliki kaitan dengan gangguan pada kualitas hidup populasi umum dan peningkatan berat badan berkaitan dengan semakin buruknya kualitas hidup penderita skizofrenia. Kualitas hidup merupakan outcome yang paling bermakna pada penderita skizofrenia.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara IMT dan kualitas hidup penderita skizofrenia.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel berasal dari pasien rawat jalan dan rawat inap di RSJ Amino Gondohutomo Semarang (n=37), berusia 17-25 tahun yang telah terdiagnosis dengan skizofrenia. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling jenis consecutive. Data penilaian berasal dari catatan medis untuk memperoleh data sosiodemografi, SF36, dan pengukuran berat serta tinggi badan. IMT dihitung (kg/m2). Uji statistik menggunakan SPSS. Hubungan antara IMT dan kualitas hidup penderita skizofrenia dianalisis dengan chi square.

Hasil : Dari 37 data yang diperoleh, didapatkan responden dengan kualitas hidup tidak terganggu sebesar 51,4% dan kualitas hidup terganggu sebesar 48,6%. Dari hasil uji statistik didapatkan usia, jenis kelamin dan pendidikan berhubungan secara signifikan dengan kualitas hidup. Sementara, hasil uji statistik untuk variabel IMT diperoleh hasil p value 0,642, sehingga dapat diartikan bahwa IMT tidak berhubungan secara signifikan terhadap kualitas hidup penderita skizofrenia.

Kesimpulan :  IMT berlebih hanya terjadi pada 35,1% penderita skizofrenia. Tidak terdapat hubungan antara IMT dan kualitas hidup penderita skizofrenia.

 

Kata Kunci: Indeks Massa Tubuh, Kualitas hidup, Skizofrenia, SF-36

Article Metrics: