skip to main content

GAMBARAN POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA JEPANG PADA KANAL YOUTUBE ‘KIMONO MOM’

*Dewi Saraswati Sakariah  -  Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
ini bertujuan untuk memperoleh gambaran khusus mengenai pola pengasuhan anak dengan gaya otoritatif dari video blog sehari-hari (daily vlog) yang ada pada kanal YouTube ‘Kimono Mom’. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi konten pada naratif dari vlog yang dipublikasikan pada kategori ‘Kid’s Life in Japan’. Hasil temuan dari penelitian ini adalah Moe mampu memberikan contoh pengasuhan anak yang baik terhadap penonton kanal ‘Kimono Mom’ nya. Pola pengasuhan sehari-hari yang dijalankan Moe termasuk dalam kategori pola pengasuhan otoritatif yang berusaha membangun hubungan hangat, demokratif, namun tetap menitikberatkan peran orangtua dalam mengarahkan anaknya. Adapun hal-hal yang dapat dipelajari dari pola pengasuhan Moe kepada Sutan adalah; 1) Melibatkan anak dalam berbagai eksperimen, 2) Sabar dalam memberitahukan yang benar dan mengoreksi yang keliru. 3) Mengajarkan tradisi dan nilai-nilai ketuhanan. 4) Demokratis dan tidak memaksakan kehendak, dan 5) Memberikan pujian dan mengevaluasi Sutan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kimono Mom; Daily Vlog; Keluarga Jepang; Pengasuhan anak

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.