skip to main content

Musik yang Menenangkan Hati: Analisis Terhadap Lagu-lagu BTS pada Era Pandemi

*Dian Annisa Nur Ridha  -  Department of Japanese Language and Culture, Faculty of Humanities, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Pada awal pandemi COVID-19 tahun 2020, ketika situasi sangat muram dan seolah tidak ada harapan akan hari esok, BTS merilis album BE yang dirilis pada tahun 2020. Beberapa di antaranya adalah “Life Goes On”, “Fly to My Room”, dan “Telepathy”. Selanjutnya, pada tahun 2021, BTS merilis CD single “Butter” yang di dalamnya terangkum lagu “Permission to Dance”. Ketika tampil di acara radio Inggris BBC Radio 1, yaitu Live Lounge pada tahun 2021, BTS menyanyikan lagu tersebut sekaligus menyanyikan ulang lagu “I’ll Be Missing You”. Artikel ini membahas makna lima lagu BTS yang dirilis dan ditampilkan pada era pandemi menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kelima lagu tersebut merujuk pada satu tema, yaitu kekhawatiran BTS sebagai manusia biasa terhadap situasi pandemi. Selain itu, terselip harapan dari BTS agar pandemi segera berakhir. Pada akhirnya, lagu-lagu yang terangkum dalam album BE bersama dua lagu lainnya mengajak pendengar untuk berefleksi ke masa lalu, menerima kenyataan pada masa kini, dan berharap akan kehidupan yang lebih baik pada masa depan.
Fulltext View|Download
Keywords: BTS; pandemic; song; anxiety; hope

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-06-13 00:38:34

No citation recorded.