skip to main content

Pengaruh Bahasa Iklan Terhadap Perilaku Masyarakat

*Sri Sudarsih  -  Program Studi Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Jl. Prof Soedharto SH. Tembalang Semarang, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini terfokus pada pengaruh bahasa iklan terhadap perilaku masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan sejauh mana bahasa iklan telah mengubah sistem nilai tradisi ke dalam sistem nilai yang baru dalam masyarakat.   Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bidang filsafat. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis sintesis dengan unsur metodis interpretasi.  Rumusan hasil dalam penelitian ini adalah iklan merupakan aktivitas melalui pesan-pesan visual maupun oral yang disampaikan kepada masyarakat. Peran iklan bersifat informatif, persuasif, dan kompetitif. Keberhasilan iklan dalam mempengaruhi masyarakat dipengaruhi oleh bahasa. Bahasa iklan dirumuskan sangat informatif sehingga mudah diingat dan mampu mempengaruhi perilaku masyarakat yang terkadang berkonsekuensi logis pada materialisme, konsumerisme, dan mereduksi makna nilai-nilai human. Iklan menjadi simbol yang menggerakkan sistem nilai baru dalam masyarakat. Oleh karena itu seharusnya masyarakat memiliki sikap kritis dalam menghadapi terpaan iklan yang terjadi setiap saat baik di media elektronik, media cetak, maupun internet. Pengiklan seharusnya berpegang pada etika beriklan, yaitu kejujuran dalam iklan, menghormati harkat dan martabat manusia, dan tanggung jawab terhadap masyarakat. 
Fulltext View|Download
Keywords: Bahasa; Iklan; Perilaku; Masyarakat

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-06-13 08:03:33

No citation recorded.