skip to main content

“See You Goodbye!’ Respons Fans Muslim Terhadap Idola K-Pop Yang Mempromosikan Produk Berafiliasi Israel

*Rahmah Zakia  -  Departemen Antroplogi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Jl. Sosiohumaniora No. 1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Konflik Israel-Palestina turut mempengaruhi dunia K-Pop, terutama bagi fans Muslim. Ketegangan ini bermula dari dugaan keterlibatan beberapa idol K-Pop dalam promosi produk yang terafiliasi dengan Israel. Situasi ini menjadi dilema bagi fans Muslim karena mereka berbagi identitas dengan mayoritas rakyat Palestina yang terdampak konflik, namun idol yang mereka sukai justru mempromosikan produk yang dianjurkan untuk diboikot. Studi ini bertujuan menganalisis tanggapan fans K-Pop muslim dalam memaknai dukungan dan identitas mereka ketika dihadapkan pada realitas bahwa idola mereka diasosiasikan dengan pihak Israel dalam konfilk yang terjadi. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur, penelitian melibatkan tiga fans K-Pop Muslim dari dua fandom berbeda. Hasil dari studi ini menemukan bahwa fans K-Pop muslim menunjukkan dua sikap utama dalam menanggapi keterlibatan idolnya dalam promosi produk yang berafiliasi dengan Israel. Pertama, perlawanan terhadap tindakan idol. Kedua, negosiasi dukungan kepada idol mereka. Studi juga menunjukkan bahwa sikap fans K-Pop dilatari oleh dua identitas yang tidak bisa lepas dari diri mereka, yaitu identitas sebagai muslim dan fans. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam proses menegosiasikan dukungannya, fans K-Pop muslim justru berada dalam identitas yang kompleks
Fulltext View|Download
Keywords: K-Pop fans; konfilk Israel Palestina; Negosiasi; Perlawanan

Article Metrics:

  1. Achondo, L. (2021). A cry for Palestine: vocal practice and imaginaries of Palestinian-ness among Chilean football supporters of Club Deportivo Palestino. Ethnomusicology Forum, 30(2)
  2. Alijoyo, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2022). Semi-Structured Interview. In The SAGE Encyclopedia of Research Design. Center for Risk Management & Sustainablity. https://doi.org/10.4135/9781071812082.n555
  3. Aprina, F. H., Firman Ashaf, A., & Windah, A. (2024). Aktivisme Digital Fandom Kpop NCTzen Sebagai Wujud Positif Interaksi Parasosial (Studi pada Akun X @nctzenhumanity). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 8(1)
  4. Archer, A. (2021). Fans, Crimes and Misdemeanors: Fandom and the Ethics of Love. Journal of Ethics, 25(4), 543–566. https://doi.org/10.1007/s10892-021-09371-5
  5. Ardhiyansyah, A., Maharani, D. P., Santi, S. P., & Mansur, U. (2021, June 15). K-Pop Marketing Tactics That Build Fanatical Behavior. ICEMAC 2020: International Conference on Economics, Management, and Accounting. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.1007
  6. Ardiani, A. T. (2024, May 31). Ragam Aksi Protes Penggemar K-Pop Imbas Kolaborasi Sang Idola dengan Produk Pro Israel. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/almiratsaniya/66595df834777c31ee7efef3/ragam-aksi-protes-penggemar-k-pop-imbas-kolaborasi-sang-idola-dengan-produk-pro-israel?page=all#section1
  7. Barghouti, O. (2011). BDS: BOYCOTT, DIVESTMENT, SANCTIONS THE GLOBAL STRUGGLE FOR PALESTINIAN RIGHTS. Haymarket Books
  8. Chatman, C. M., Eccles, J., & Malanchuk, O. (2006). Identity Negotiation in Everyday Settings. In Navigating the Future: Social Identity, Coping, and Life Tasks. Russel Sage Foundation
  9. Coscarelli, J. (2020). Why Obsessive K-Pop Fans Are Turning Toward Political Activism. Gale Academic OneFile
  10. El-Sakka, A. (2023). Long-distance supporters Barca and Real fans in Palestine. Arab Youth, 93–100
  11. Fachrosi, E., Tia Fani, D., Fadhila Lubis, R., Bella Aritonang, N., Azizah, N., Reza Saragih, D., & Malik, F. (2020). Dinamika Fanatisme Penggemar K-Pop pada Komunitas BTS-Army Medan The Dynamics of K-Pop Fanaticism in the BTS-Army Medan Community. Jurnal Diversita, 6(2). https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.3782
  12. Falevi, A., Zian, R., Astuti, & Mirsa. (2024). Intervensi Prinsip Responsibility To Protect Terhadap Masyarakat Sipil dalam Situasi Perang Israel – Palestina Tahun 2023. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik (JIHHP), 4(5)
  13. Fatah, A. (2017). Keberkahan Al-Aqsha Perspektif Hermeneutika Schleiermacher. JURNAL PENELITIAN, 14(1), 1. https://doi.org/10.28918/jupe.v14i1.807
  14. Feirisa, D. R. (2023, December 2). Daftar Brand Fashion yang Terafiliasi dengan Israel. Detik.Com
  15. Huang, Q., Driessen, S., & Trottier, D. (2023). When Pop and Politics Collide: A Transcultural Perspective on Contested Practices in Pop Idol Fandoms in China and The West. International Journal of Communication, 17, 1425–1444. http://ijoc.org
  16. Huat, C. B. (2018). Pop Culture And Soft Power Competition In East Asia. In Y. Watanabe (Ed.), Handbook of Cultural Security. Edward-Elgar Publishing
  17. Ichen, C. (2024). Distance and Intimacy: An Introduction to the Characteristics of Japan’s Idol Image. TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social and Arts, 7(3). https://doi.org/10.32734/lwsa.v7i3.2110
  18. Irmanto, V. R., & Tjiptono, F. (2013). MOTIVASI DAN PERILAKU PENGGEMAR K-POP DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. MODUS, 23(1), 2013. www.allkpop.com,
  19. Jenkins, H. (2012). Textual Poachers, Television Fans and Participatory Culture. Routledge
  20. Kang, J., Lee, M., Park, E., Ko, M., Lee, M., & Han, J. (2019). Alliance for My Idol: Analyzing the K-pop Fandom Collab
  21. Kang, J. M. (2017). Rediscovering the idols: K-pop idols behind the mask. Celebrity Studies, 8(1), 136–141. https://doi.org/10.1080/19392397.2016.1272859
  22. Kang, J. M. (2023). The Politics of Being a K-Pop Fan: Korean Fandom and the “Cancel the Japan Tour” Protest. International Journal of Communication, 17, 1019–1037. http://ijoc.org
  23. Kim, P., & Hutt, E. (2021). K-pop as a Social Movement: Case Study of BTS and Their Fandom ARMY. Journal of Student Research, 10(3). www.JSR.org
  24. Kurniawan, A. F., Wjiayanto, & Manar, D. G. (2022). ANALISIS ETNOGRAFI VIRTUAL: AKTIVISME FANS K-POP DI MEDIA SOSIAL DALAM KASUS OMNIBUS LAW. Journal of Politic and Government Studies, 11(4), 118–128
  25. Lilja, M. (2022). The definition of resistance. Journal of Political Power, 15(2), 202–220. https://doi.org/10.1080/2158379X.2022.2061127
  26. Mohd Jenol, N. A., & Ahmad Pazil, N. H. (2022). “I found my talent after I become a K-pop fan”: K-pop participatory culture unleashing talents among Malaysian youth. Cogent Social Sciences, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2062914
  27. Nugrahmi, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Issue 1). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
  28. Ode Sumirna, W., Fajar Maulana, H., Rizal Ardiansah Putra, M., & Muhammadiyah Buton Baubau. (2023). Hubungan Parasosial Antara Fangirl dan Selebriti K-Pop. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1612–1626. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25238
  29. Porat, A. Ben. (2007). Death to the arabs: the right‐wing fan’s fear. Soccer & Society, 9(1–13). https://doi.org/10.1080/14660970701616662
  30. Porat, A. Ben. (2014). Who are we? My club? My people? My state? The dilemma of the Arab soccer fan in Israel. International Review for the Sociology of Sport, 49(2), 175–189. https://doi.org/10.1177/1012690212458506
  31. Purba, R., & Solekhah, N. (2017). KESETIAKAWANAN FANS K-POP DI ERA DIGITAL THE SOLIDARITY OF K-POP FANS IN THE DIGITAL ERA. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 43(2)
  32. Rizaty, M. A. (2023, December). 8 Negara dengan Penggemar BTS Terbanyak di Dunia. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/varia/detail/8-negara-dengan-penggemar-bts-terbanyak-di-dunia
  33. Rosalyn Anwar, C. (2018). MAHASISWA DAN K-POP (Studi Interaksi Simbolik K-Popers di Makassar). Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim, 1(1). https://www.researchgate.net/publication/379898447
  34. Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://repository.uin-
  35. Shim, D. (2006). Hibridity and The rise of Korean Popular Culture in Asia. Media, Culture & Society, 28(1)
  36. Shim, D. (2008). The Growth of Korean Cultural Industries and the Korean Wave. In East Asian Pop Culture, Analysing The Korean Wave. Hong Kong University Press
  37. Stern, J. (2016). “Diverse but not too diverse”: Social Identity, Oppression, and “Diverse but not too diverse”: Social Identity, Oppression, and Resistance in Fan Culture Resistance in Fan Culture [Bridgewater State University]. https://vc.bridgew.edu/
  38. Su’adah, F. (2024). Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) Movement of Israel Product: Indonesian Response to Palestinian-Israeli Conflict of Religious Moderation Perspective. Journal of Religion, Social and Culture, 7(1), 2599–2473. https://doi.org/10.31538/almada.v7i1.5823
  39. Sung, S.-Y. (2014). K-pop Reception and Participatory Fan Culture in Austria. Cross-Currents: East Asian History and Culture Review, 3(1), 56–71. https://doi.org/10.1353/ach.2014.0011
  40. Trisnawati, Ri. (2023). BOIKOT DAN AKTIVISME: PERILAKU KONSUMEN DALAM ISU KONFLIK ISRAEL-PALESTINA. JEBESH: Jurnal of Economics Business and Science of History, 2(3)
  41. Ulya, H., & Ayu, K. R. (2024). Gerakan Sosial Digital; Boikot-Divestasi-Sanksi (BDS) Terhadap Isu Israel-Palestina di Media Sosial
  42. Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989
  43. Wulandari, S., & Aji, R. I. (2022). KAJIAN TERHADAP FANDOM K-POP (ARMY & EXO-L) SEBAGAI AUDIENS MEDIA DALAM MENGONSUMSI DAN MEMAKNAI TEKS BUDAYA. Prosiding SNADES 2022 – Desain Kolaborasi Interdisipliner Di Era Digital. http://airde.multiply.com

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-05 14:18:42

No citation recorded.