skip to main content

Eksistensi Pelatih Tari dalam Membentuk Bakat dan Minat Penari di Sanggar Simpor Kota Singkawang

Nurmizan Nurmizan  -  Universitas Tanjungpura, Indonesia
*Dahniar Tahir Musa scopus  -  Universitas Tanjungpura, Indonesia
Syarmiati Syarmiati  -  Universitas Tanjungpura, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan eksistensi pelatih tari dalam membentuk bakat dan minat penari di Sanggar Seni Simpor Kota Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan secara etnografi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori enviromentalisme yang dicetuskan oleh tokoh asal Inggris bernama John Locke. Teori enviromentalisme menjelaskan bahwa bakat dan minat seseorang berasal dari lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin terkenal suatu sanggar tari pasti memiliki seorang pelatih tari yang memang ahli dan memiliki kemampuan lebih di bidangnya. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pelatih tari diantaranya memiliki keterampilan, pengetahuan, pengalaman, dan sikap yang khas dalam melatih tari. Dari kemampuan ini pelatih tari bisa membuat penari cepat memahami apa yang telah  disampaikan dan memperagakannya. Dengan demikian seorang penari semakin bersemangat untuk dilatih oleh  pelatih tari yang profesional dan memiliki kemampuan pada bidangnya, sehingga eksistensinya akan tetap ada. Faktor yang mempengaruhi menjadi pelatih tari karena ingin membuktikan bahwa hobi yang digeluti secara serius bisa mengantarkan seseorang menjadi terkenal dan diakui.
Fulltext View|Download
Keywords: Bakat, Eksistensi, Kemampuan, Minat, Pelatih Tari

Article Metrics:

  1. Alfazani, M. R., & Khoirunisa A, D. (2021). Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan Dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 586–597. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.487
  2. Anzani, D., Panjaitan, I. R., Harahap, I., & Fani, M. R. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Anak di Kelurahan Suka Raja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 105–112. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i0.4230
  3. Arianti, I. R., & Herlinah. (2020). Eksistensi Sanggar Semarak Candrakirana dalam Mengembangkan Seni Tari di Kota Surakarta. Jurnal Seni Tari, 9(2), 16–120
  4. Gusmail, S., Nugra, P. D., & Airiansyah, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Pengelolaan Unsur-Unsur Gerak Tari Di Aceh Besar. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(1), 53. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.410
  5. Leluni, E., Sakman, & Offeny. (2020). Tarian Dadas Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Anak Pada Sanggar Igal Jue Palangka Raya. Jurnal Paris Langkis, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.37304/paris.v1i1.1670
  6. Nismawati, N., Oruh, S., & Agustang, A. (2021). Eksistensi Tari Kabasaran Pada Masyarakat Minahasa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 194–198. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2429
  7. Riadi, M. (2021). Reward atau Penghargaan (Pengertian, Tujuan, Jenis dan Syarat. https://www.kajianpustaka.com/2020/04/reward-atau-penghargaan-pengertian-tujuan-dan-syarat.html
  8. Richard, O. (2021). Konsep Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan Dan Sikap Masyararakat. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1), 7–42
  9. Romlah, S. (2023). Pengertian Sanggar, Jenis, dan Contoh Olahraga yang Menggunakannya. https://dosenpenjas.com/pengertian-sanggar/
  10. Syavira, D. (2023). Pentingnya Menggalakkan Tari Tradisional pada Generasi Muda. https://www.kompasiana.com/dindasyaviramaharani1127/651e0b5eedff766e043765b2/pentingnya-menggalakkan-tari-tradisional-pada-generasi-muda-5-0
  11. Yulisetyowati, A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Pendorong Kreativitas Anak Di Sanggar Tari Nitaswadiri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 151–165

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-27 18:00:11

No citation recorded.