BibTex Citation Data :
@article{GP15380, author = {Sulistiyo Nugroho and Kismartini Kismartini and Hartuti Purnaweni}, title = {REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN JAWA TENGAH)}, journal = {GEMA PUBLICA}, volume = {2}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {}, abstract = { Percepatan reformasi administrasi di daerah adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik ( good localgovernance ) yang terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Didalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik diperlukan inovasi pelayanan publik. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan inovasi sederhana untuk melaksanakan reformasi Administrasi di tingkat daerah ( loca l), khususnya di Kecamatan. Penelitian Reformasi Administrasi Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Jawa Tengah ) ini menggunakan metode penelitian kualitatif – diskriptifAnalisa data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Jawa Tengah telah 0.Tengah. Dengan persyaratan PATEN yaitu syarat substantif, administratif dan teknis telah mendorong Bupati/Walikota di Jawa Tengah untuk melimpahakan kewenanganya kepada camat dan memperkuat peran dan fungsi Kecamatan. Tidak hanya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah dan pelaksanana tugas pemerintahan umum, namun juga melaksanakan peran fungsi sebagai unit pelayanan terpadu di Kecamatan. Hal ini telah membuat kecamatan menjadi sangat strategis di tingkat Kabupaten/Kota, yaitu menjadi simpul pelayanan terpadu bagi Kantor/Badan Pelayanan Terpadu di Kabupaten.Dengan adanya PATEN di Jawa Tengah, membuat Kecamatan – Kecamatan di Jawa Tengah memiliki visi, misi, maklumat pelayanan, Standart Operating Procedure (SOP) sehingga tingkat akuntabilitas dan budaya kerja di Kecamatan meningkat. Hal lain yang menonjol pada umumnya dengan pelaksanaan PATEN adalah peningkatan sarana prasarana pelayanan. }, issn = {2548-1363}, pages = {13--27} doi = {10.14710/gp.2.1.2016.13-27}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/gp/article/view/15380} }
Refworks Citation Data :
Percepatan reformasi administrasi di daerah adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good localgovernance) yang terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Didalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik diperlukan inovasi pelayanan publik. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan inovasi sederhana untuk melaksanakan reformasi Administrasi di tingkat daerah (local), khususnya di Kecamatan. Penelitian Reformasi Administrasi Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Jawa Tengah ) ini menggunakan metode penelitian kualitatif – diskriptifAnalisa data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Jawa Tengah telah 0.Tengah. Dengan persyaratan PATEN yaitu syarat substantif, administratif dan teknis telah mendorong Bupati/Walikota di Jawa Tengah untuk melimpahakan kewenanganya kepada camat dan memperkuat peran dan fungsi Kecamatan. Tidak hanya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah dan pelaksanana tugas pemerintahan umum, namun juga melaksanakan peran fungsi sebagai unit pelayanan terpadu di Kecamatan. Hal ini telah membuat kecamatan menjadi sangat strategis di tingkat Kabupaten/Kota, yaitu menjadi simpul pelayanan terpadu bagi Kantor/Badan Pelayanan Terpadu di Kabupaten.Dengan adanya PATEN di Jawa Tengah, membuat Kecamatan – Kecamatan di Jawa Tengah memiliki visi, misi, maklumat pelayanan, Standart Operating Procedure (SOP) sehingga tingkat akuntabilitas dan budaya kerja di Kecamatan meningkat. Hal lain yang menonjol pada umumnya dengan pelaksanaan PATEN adalah peningkatan sarana prasarana pelayanan.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-27 12:43:25