skip to main content

KAJIAN TERHADAP CARA PENANGANAN OVER KAPASITAS PADA BEBERAPA LAPAS DI INDONESIA

*TAUFIQ RAHMADI  -  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Jl.Raya Gandul Nomor 04, Cinere, Depok|Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia|Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pada Beberapa Negara berkembang seperti Indonesia masalah pembinaan dan pengamanan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang beradab sering  terabaikan, bahkan sebuah idiologi dan pola pikir masyarakat yang mendasar sering tergantikan oleh kekuatan ekonomi dunia yang cenderung lebih berperan. Lembaga pemasyarakatan sebagai salah satu lembaga yang memiliki peran dalam system peradilan pidana mempunyai peran dalam menjaga dan membina Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana) dan Tahanan.

Pada masa sekarang ini isu yang sangat sulit teruraikan dan menjadi dasar daripada semua permasalahan di Lapas dan Rutan yaitu adalah adanya over kapasitas dimana pada Lapas dan Rutan hal ini menyebabkan timbulnya begitu banyak permasalahan yang terjadi.

Over kapastitas merupakan suatu hal yang sangat kompleks dan apabila tidak cepat di selesaikan akan dapat menjadi sebuah bom waktu  baik bagi Unit Pelaksana maupun bagi Negara, namun setiap permasalahan tentunya mempunyai jalan keluar. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk membuat kajian mengenai cara penanganan overkapasitas pada beberapa Lapas di Indonesia.

Penulis dalam melakukan tulisan ini menggunakan metode Library Research atau lebih di kenal dengan kajian kepustakaan. Library research sendiri adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka dengan cara membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya tanpa harus turun ke lapangan melainkan memanfaatkan literatur penelitian yang sudah ada untuk memperoleh data penelitiannya.

 

Kata Kunci: Lembaga Pemasyarakatan, Over Kapasitas, Masalah akibat Over Kapasitas, Cara Penanggulangan Over Kapasitas

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Data Analysis
Laporan intelijen Rutan Cipinang
Subject Intelijen,
Type Data Analysis
  Download (67KB)    Indexing metadata
Keywords: Lembaga Pemasyarakatan, Over Kapasitas, Masalah akibat Over Kapasitas, Cara Penanggulangan Over Kapasitas
Funding: Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Jurusan D4 Teknik Pemasyarakatan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-12 13:37:12

No citation recorded.