BibTex Citation Data :
@article{GP78356, author = {Nabila Manangin}, title = {Peran Kecerdasan Emosional Aparaturdalam Interaksi Sosial Sebagai Pendorong Kualitas Pelayanan Publik}, journal = {GEMA PUBLICA}, volume = {10}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {Kecerdasan emosional aparatur, interaksi sosial, kualitas pelayanan publik}, abstract = { Studi ini diarahkan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional aparatur dalam interaksi sosial sebagai faktor pendorong kualitas pelayanan publik. Metode yang dipergunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA 2020. Data didapatkan melalui penelusuran artikel pada Google Scholar berbantuan aplikasi Publish or Perish , dibatasi pada periode 2020–2025. Dari total 200 artikel yang teridentifikasi, enam artikel memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwasannya kecerdasan emosional berdampak secara signifikan terhadap performa aparatur, kemampuan membangun interaksi sosial yang harmonis, serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang empatik, responsif, dan profesional. Temuan ini juga menegaskan pentingnya dukungan organisasi dan gaya kepemimpinan yang partisipatif sebagai faktor penguat. Studi ini menyimpulkan bahwa pengembangan kapasitas kecerdasan emosional aparatur merupakan strategi krusial dalam menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. }, issn = {2548-1363}, pages = {97--108} doi = {10.14710/gp.10.2.2025.97-108}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/gp/article/view/78356} }
Refworks Citation Data :
Studi ini diarahkan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional aparatur dalam interaksi sosial sebagai faktor pendorong kualitas pelayanan publik. Metode yang dipergunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA 2020. Data didapatkan melalui penelusuran artikel pada Google Scholar berbantuan aplikasi Publish or Perish, dibatasi pada periode 2020–2025. Dari total 200 artikel yang teridentifikasi, enam artikel memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwasannya kecerdasan emosional berdampak secara signifikan terhadap performa aparatur, kemampuan membangun interaksi sosial yang harmonis, serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang empatik, responsif, dan profesional. Temuan ini juga menegaskan pentingnya dukungan organisasi dan gaya kepemimpinan yang partisipatif sebagai faktor penguat. Studi ini menyimpulkan bahwa pengembangan kapasitas kecerdasan emosional aparatur merupakan strategi krusial dalam menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-11-03 15:47:14