skip to main content

Peran Kecerdasan Emosional Aparaturdalam Interaksi Sosial Sebagai Pendorong Kualitas Pelayanan Publik

*Nabila Junita Manangin  -  Jurusan administrasi publik, universitas negeri Gorontalo, Gorontalo, indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Studi ini diarahkan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional aparatur dalam interaksi sosial sebagai faktor pendorong kualitas pelayanan publik. Metode yang dipergunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA 2020. Data didapatkan melalui penelusuran artikel pada Google Scholar berbantuan aplikasi Publish or Perish, dibatasi pada periode 2020–2025. Dari total 200 artikel yang teridentifikasi, enam artikel memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwasannya kecerdasan emosional berdampak secara signifikan terhadap performa aparatur, kemampuan membangun interaksi sosial yang harmonis, serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang empatik, responsif, dan profesional. Temuan ini juga menegaskan pentingnya dukungan organisasi dan gaya kepemimpinan yang partisipatif sebagai faktor penguat. Studi ini menyimpulkan bahwa pengembangan kapasitas kecerdasan emosional aparatur merupakan strategi krusial dalam menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan emosional aparatur, interaksi sosial, kualitas pelayanan publik

Article Metrics:

  1. Abbas, B., Bagea, A., Budhihard, A. M., Nur, M., & Sutrino, A. (2025). The Role of Emotional Quotient in Enhancing Employee Performance and Organizational Success in the Service Industry. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 13(2), 1167–1178. https://doi.org/10.37641/jimkes.v13i2.3173
  2. Adnyana, I. M., & Iswanto, H. (2024). The Influence of Emotional Intelligence and Individual Characteristics on Police Employee Performance of Deli Tua Police Officers, Indonesia. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 7(1), 1305–1309. https://journalsocialsciences.com/index.php/OAIJSS
  3. Aiba, A., Pangkey, I., & Dilapanga, A. R. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administro, 6(2), 58–63
  4. Dewi, A. P., Suharto, A., & Rusdiyanto, R. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Aparatur Desa Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 7(1), 214–224. https://doi.org/10.36985/7rkwmv17
  5. Fahrin, N. Della, Yantu, I., & Monoarfa, V. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 135–139. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14261
  6. Gusrinda, C. B., & Setyawan, A. (2024). Analysis of the Antecedents and Impact of Emotional Intelligence on the Performance of Immigration Employee in the Working Area of the Ministry of Law and Human Rights Riau Islands. International Journal of Economics, Business and Management Research, 08(01), 01–17. https://doi.org/10.51505/ijebmr.2024.8101
  7. H. Uledi, J., Mgombere, M., & Selemani, R. (2025). Impact of Emotional Intelligence on Performance of Public Servants in Tanzania Local Government Authorities. International Journal of Scientific and Management Research, 08(02), 14–21. https://doi.org/10.37502/ijsmr.2025.8202
  8. Hasanudin, Pasulu, M., & Poylema, F. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamasa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(Mi), 5–24
  9. Isnawati, I., Jusriadi, E., & Muchran, M. (2024). The Influence of Emotional Intelligence, Work Environment, and Work Culture on Employee Performance at the Office of Investment and Integrated One-Stop Service, Bantaeng Regency. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(8), 6986–7000. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i8.1739
  10. Johennesse, L.-A., & Pressley, G. (2023). The influence of emotional intelligence in the workplace environment: A literature review. Indonesian Journal of Business, Accounting and Management, 6(1), 25–32
  11. Lailly, Y. M., & Utami, D. A. (2022). The Quality Of Public Services Information Services Area In The Joint Office Of Samsat Of Sidoarjo Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(1), 65–88
  12. Paerah, A. (2022). Analis Empiris Pelayanan Publik Di Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah. MANABIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.54259/manabis.v1i1.615
  13. Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. Bmj, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n71
  14. Prawita Budi, E., Budi Helpiastuti, S., & Wahyudi, H. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemampuan terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Situbondo. Jurnal Syntax Transformation, 2(04), 486–495. https://doi.org/10.46799/jst.v2i4.256
  15. Ramadhani, A. F., & Kusmningtyas, A. (2024). Emotional Intellegence Dan Organizational Culture Untuk Meningkatkan Internal Service Performance Pada Karyawan Puskesmas Sidoarjo. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 266–281. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i2.670
  16. Sampetan, S. (2023). Peran Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara. Jesya: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 981–988. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1041
  17. Simatupang, S., & Efendi, E. (2020). Kecerdasan Emosional Serta Dampaknya Untuk Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Pematangsiantar. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 11(2), 152. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.3049
  18. Tsani, T., Marlina, S., & Arum, A. K. (2024). Systematic Literature Review: Pembelajaran dari Reformasi Birokrasi Global untuk Indonesia. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 12(2), 125–142. https://doi.org/10.31289/publika.v12i2.13053
  19. Wonda, T. A. (2024). Does emotional intelligence have a contribution to employee performance enhancement? Empirical evidence from the public sectors. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2415525
  20. Yusrif, N. A., Hamzah, M., & Sultan, M. S. (2023). Pengaruh Kompetensi, Kontrol Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (Ppslu) Mappakasunggu Parepare Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. SJM: Sparkling Journal Of Management, 2(1), 199–212

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-11-03 15:47:14

No citation recorded.