BibTex Citation Data :
@article{HUMANIKA50625, author = {Sri Rahayu Wilujeng and M. Mukhtasar Syamsuddin and RR Siti Murtiningsih}, title = {Homo Religiosus dalam Perspektif Filsafat Pendidikan}, journal = {HUMANIKA}, volume = {29}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {homo; religious; filsafat; pendidikan}, abstract = { Ada banyak tesis tentang manusia, tetapi ada dua tesis yang sangat mendasar yaitu manusia sebagai homo religiosus dan manusia sebagai animal educandum . Dua tesis ini menyentuh aspek penting dalam hidup manusia. Objek material penelitian ini adalah homo religiosus , dan objek formal yang dipergunakan adalah filsafat pendidikan. Landasan terori yang digunakan adalah teori Mircea Eliade. Penelitian ini bertujuan: 1. Mendapatkan gambaran makna dari homo religiosus , 2. Menemukan pemahaman apa peran homo religiosus dalam pendidikan. Penelitian ini adalah penilitian filsafat dengan model studi pustaka. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutika dengan unsur-unsur metodis: interpretasi, analisa, idealisasi, dan diskripsi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya hubungan manusia sebagai homo religiosus dan animal educandum . Homo religiosus merukapan landasan bagi sua tu filsafat pendidikan teistik. Homo religious sebagai ontologi, orientasi dan tujuan dari pendidikan. Homo religiosus membuat pendidikan menjadi bermakna. }, issn = {2502-5783}, pages = {267--281} doi = {10.14710/humanika.v29i2.50625}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/50625} }
Refworks Citation Data :
Ada banyak tesis tentang manusia, tetapi ada dua tesis yang sangat mendasar yaitu manusia sebagai homo religiosus dan manusia sebagai animal educandum. Dua tesis ini menyentuh aspek penting dalam hidup manusia. Objek material penelitian ini adalah homo religiosus, dan objek formal yang dipergunakan adalah filsafat pendidikan. Landasan terori yang digunakan adalah teori Mircea Eliade. Penelitian ini bertujuan: 1. Mendapatkan gambaran makna dari homo religiosus, 2. Menemukan pemahaman apa peran homo religiosus dalam pendidikan. Penelitian ini adalah penilitian filsafat dengan model studi pustaka. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutika dengan unsur-unsur metodis: interpretasi, analisa, idealisasi, dan diskripsi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya hubungan manusia sebagai homo religiosus dan animal educandum. Homo religiosus merukapan landasan bagi suatu filsafat pendidikan teistik. Homo religious sebagai ontologi, orientasi dan tujuan dari pendidikan. Homo religiosus membuat pendidikan menjadi bermakna.
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Humanika and Faculty of Humanities, Diponegoro University as publisher of the journal. (http://bit.ly/HumanikaPA)
Humanika by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Faculty of Humanities, Diponegoro University
Prof. Soedarto, SH Street, Tembalang, Semarang, Central Java 50275, Indonesia
e-mail: widisusenoiriyanto@yahoo.co.id/ sarasdewiq@gmail.com
View statistics