skip to main content

Formulasi Profil Karakter Lulusan Universitas Diponegoro di Era Revolusi Industri 4.0 ( Hasil Survei Jajak Pendapat Mahasiswa Universitas Diponegoro )

*Iriyanto Widisuseno scopus  -  Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2022 HUMANIKA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini betujuan; (1) mengungkap pendapat mahasiswa tentang penilaian seberapa penting nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro (berani, jujur, adil, dan peduli) dan nilai-nilai kompetensi dalam jargon COMPLETE (communicator, professional, leader, entrepreneur, thinker, educator) yang telah ditanamkan di kalangan mahasiswa sebagai unsur pembentuk karakter lulusan, atau ada nilai-nilai baru yang masih diperlukan bagi lulusan di era tantangan revolusi industri 4.0. (2) Memperoleh profil karakter lulusan Universitas Diponegoro yang diinginkan mahasiswa di era industry 4.0. Objek penelitiannya yaitu  mahasiswa yang pernah mengikuti pendidikan karakter, mulai angkatan tahun 2018, 2019, 2020, 2021. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner, studi dokumen dan sumber referensi. Hasil olah data menunjukkan, mayoritas mahasiswa responden menilai keseluruhan nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro (79,2), dan nilai-nilai kompetensi dalam Complete (77,95) dinilai masih sangat penting, namun masih sangat diperlukan nilai-nilai baru lainnya, yaitu; beretika, cerdas, adaptif, kreatif, integritas, tangguh, inovatif, progresif dan kolaboratif. Dari sebaran skala persentase penilaian menampakkan, nilai kejuangan yang diunggulkan yaitu peduli (80,6), dan nilai kompetensi yang diunggulkan yaitu professional (81,2), sedangkan nilai baru yang diunggulkan yaitu beretika (82,4). Hasil survei tersebut mengarahkan pada kesimpulan bahwa sebagian besar mahasiswa Undip berpandangan bahwa profil karakter lulusan Universitas Diponegoro yang diperlukan di era industri 4.0 yaitu memiliki nilai kejuangan: peduli, jujur, adil, berani, dan nilai kompentensi sebagai thinker, communicator, leader, educator, entrepreneur, serta beretika, cerdas, adaptif, kreatif, integritas, tangguh, inovatif, progresif, kolaboratif. Nilai-nilai karakter yang diunggulkan adalah peduli, professional dan beretika.
Fulltext
Keywords: tantangan Revolusi Industri 4.0, nilai kejuangan Pangeran Diponegoro, Complete, profil karakter lulusan Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Andayani, A. M. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja
  2. Rosdakarya
  3. Ali, Z. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam
  5. Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarata
  6. Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia
  7. Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama
  8. Febriani, N. A. (2014). Ekologi Berawawasan Gender dalam Perspektif Al-Quran. Bandung: Mizan
  9. Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik
  10. di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
  11. Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa
  12. Surakarta: Yuma Pustaka
  13. Lickona, T. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta:
  14. Bumi Aksara
  15. Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara
  16. Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Jogyakarta: Graha Ilmu
  17. Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research
  18. Iriyanto Widisuseno, (2019). Merajut dan Meneguhkan Jati Diri Bangsa, IPB. Press,
  19. Bogor
  20. Klaus Schwab, (2016). The Fourth Industrial Revolution,
  21. https://www.weforum.org/about/the-fourth-industrial-revolution-by-klaus-schwab
  22. Ramayulis, (2012). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia Group,
  23. Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter, Jakarta : Kencana Prenada Media
  24. Group

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.