skip to main content

Pengaruh Penambahan Arang dan Abu Sekam dengan Proporsi yang Berbeda terhadap Permeabilitas dan Porositas Tanah Liat serta Pertumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata L)

*Andriana Hesti Kusuma  -  Laboratorium BSF Tumbuhan, Undip, Fakultas Sains dan Matematika,Tembalang, Semarang, Indonesia
Munifatul Izzati  -  Laboratorium BSF Tumbuhan, Undip, Fakultas Sains dan Matematika,Tembalang, Semarang, Indonesia
Endang Saptiningsih  -  Laboratorium BSF Tumbuhan, Undip, Fakultas Sains dan Matematika,Tembalang, Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penambahan arang dan abu sekam telah banyak diaplikasikan terhadap tanah pertanian maupun tanah pada lahan-lahan marginal. Arang dan abu sekam dapat memperbaiki sifat fisik tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penambahan arang dan abu sekam pada berbagai proporsi yang berbeda terhadap permeabilitas dan porositas tanah liat, serta pertumbuhan kacang hijau (Vigna radiata L). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan arang dan abu sekam  dengan proporsi yang berbeda tidak dapat meningkatkan permeabilitas, porositas tanah liat, dan berat kering akar. Tetapi, penambahan arang dan abu sekam dengan proporsi yang berbeda dapat meningkatkan panjang akar lateral dan berat kering tajuk. Penambahan arang sekam pada proporsi penambahan 50%  menghasilkan akar lateral terpanjang, yaitu 67,01 cm. Penambahan arang dan abu sekam dapat meningkatkan berat kering tajuk. Berat kering tajuk tertinggi 1,26 gr dihasilkan oleh penambahan abu sekam. Penambahan arang dan abu sekam dengan proporsi yang berbeda tidak dapat memperbaiki sifat fisik tanah liat, tetapi dapat meningkatkan pertumbuhan kacang hijau, terutama panjang akar lateral dan berat karing tajuk.

Kata kunci :  arang sekam, abu sekam, permeabilitas, porositas, pertumbuhan kacang hijau

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 13:21:47

No citation recorded.