skip to main content

SIMULASI LEAN DAN SIKLUS PDCA UNTUK KARTU IDENTITAS ANAK DI DISDUKCAPIL GARUT

*Dewi Rahmawati  -  Institut Teknologi Garut, Indonesia
Catharina Badra Nawangpalupi  -  Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Meningkatnya minat masyarakat dalam membuat Kartu Identitas Anak di Kabupaten Garut membuat volume pembuatan menjadi lebih banyak dan berdampak pada lambatnya proses pelayanannya. Hal ini terbukti dimana jumlah pengajuan rata-rata 70 orang per hari menjadi 150 per hari. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi dampak dari lambatnya pelayanan yang berakibat penumpukannya masyarakat di area pelayanan. Adapun metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan melakukan identifikasi pelayanan menggunakan SIPOC dengan cara berfikir  Lean dan siklus PDCA, kemudian dilakukan simulasi menggunakan Arena. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pengecekan data yang berulang, kartu tercetak lebih dari satu akibat penginputan data yang ganda atau gagal dalam pencetakan, menunggu verfikasi. Adapun proses pengiriman dokumen dari bagian administrasi ke area pengolahan data merupakan salah satu potensi terjadinya penumpukan dokumen karena lokasinya berbeda. Oleh karena itu, untuk meminimasi hal tersebut dilakukan usulan perbaikan  dan menghasilkan bahwa proses pelayanan KIA dapat dieliminasi dari 5 aktivitas menjadi  menjadi 4  serta petugas pelayanan dari 3 menjadi 2. Pemanfataan petugas menjadi efisien serta melakukan perbaikan layout untuk meminimasi pergerakan dengan memperhatikan proses bekerja dengan menggunakan 5S.


 

 

Fulltext View|Download
Keywords: ARENA; Lean; PDCA; 5S; SIPOC

Article Metrics:

  1. Adyatama, Arga, And Naniek Utami Handayani. (2018). Perbaikan Kualitas Menggunakan Prinsip Kaizen dan 5 Why Analysis: Studi Kasus Pada Painting Shop Karawang Plant 1, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. J@Ti Undip: Jurnal Teknik Industri 13 (3): 169–76. Https://Doi.Org/10.14710/Jati.13.3.169-176
  2. Almeida, Juliana Pascualote Lemos De, Simone Vasconcelos Ribeiro Galina, Marcia Mazzeo Grande, And Daiane Gressler Brum. (2017). Lean Thinking: Planning And Implementation In The Public Sector. International Journal of Lean Six Sigma 8 (4): 390–410. Https://Doi.Org/10.1108/IJLSS-06-2016-0027
  3. Bhasin, Sanjay. (2008). Lean And Performance Measurement. Journal of Manufacturing Technology Management 19 (5): 670–84. Https://Doi.Org/10.1108/17410380810877311
  4. Bhaskar, Hari Lal. (2018). Business Process Reengineering Framework And Methodology: A Critical Study. International Journal of Services And Operations Management 29 (4): 527–56. Https://Doi.Org/10.1504/IJSOM.2018.090456
  5. Bhat, Shreeranga, Jnanesh N A, Prashanth P Kamath, Rajat R Nayak, And Nithin M D. (2016). Enhancing The Performace Of An Automobile Service Industry: Lean Thinking Approach. Journal of Mechanical Engineering and Automation 6 (5A): 40–48. Https://Doi.Org/10.5923/C.Jmea.201601.08
  6. Caiado, Rodrigo Goyannes Gusmão, Daniel Michilini Carocha, Adriana Karla Goulart, And Guilherme Luz Tortorella. (2020). Critical Success Factors-Based Taxonomy For Lean Public Management: A Systematic Review. Production 30: 1–15. Https://Doi.Org/10.1590/0103-6513.20200030
  7. Cavdur, Fatih, Betul Yagmahan, Ece Oguzcan, Nazli Arslan, and Nurbanu Sahan. (2019). Lean Service System Design: A Simulation-Based VSM Case Study. Business Process Management Journal 25 (7): 1802–21. Https://Doi.Org/10.1108/BPMJ-02-2018-0057
  8. Imai, Masaaki, 1930-, Author. (1998). Gemba Kaizen : Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada Manajemen = A Commonsense, Low-Cost Approach To Management
  9. Kumar Baag, Pankaj. (2018). The Case of A Rural Branch of An Indian Public Sector Bank: Innovation Through Learning and Thinking Lean With A Managerial Performance Perspective
  10. Mitra, Amitava. (2008). Fundamentals Of Quality Control And Improvement. Fundamentals Of Quality Control And Improvement: Third Edition. Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc. Https://Doi.Org/10.1002/9781118491645
  11. ———. 2012. Fundamentals Of Statistical Concepts And Techniques In Quality Control And Improvement” In Fundamentals Of Quality Control And Improvement, 147–227. John Wiley & Sons, Inc. Https://Doi.Org/10.1002/9781118491645.Ch4
  12. Pyzdek, Thomas, Paul A Keller, New York, Chicago San, Francisco Lisbon, London Madrid, Mexico City, Milan New Delhi, And San Juan. 2010. The Six Sigma Handbook A Complete Guide For Green Belts, Black Belts, And Managers At All Levels Third Edition
  13. Yogaswara, Yogi, Dr. Ir. MT. (2016). Teori Dan Pengenalan Simulasi Dengan Arena. Http://Pokameame.Com/Article/181321/Teori--Pengenalan-Simulasi-Dengan-Arena.Html, Diakses 30 April 2020
  14. Zirar, Araz, Clive Trusson, And Alok Choudhary. (2020). Towards A High-Performance HR Bundle Process For Lean Service Operations. International Journal Of Quality And Reliability Management 38 (1): 25–45. Https://Doi.Org/10.1108/IJQRM-10-2019-0330

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 14:41:57

No citation recorded.