BibTex Citation Data :
@article{JSINBIS56814, author = {Sulis Sandiwarno}, title = {Penerapan Metode Service Quality (SERVQUAL) dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk Menentukan Pengambilan Keputusan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Restoran Ayam Geprek)}, journal = {Jurnal Sistem Informasi Bisnis}, volume = {14}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {Kepuasan Pelanggan; SPK; SERVQUAL dan SAW; Ayam Geprek}, abstract = {Perkembangan usaha kuliner di Jakarta bisa dibilang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Setiap bulannya selalu ada resto baru maupun tempat makan baru seperti pedagang kaki lima maupun kafe. Untuk menghadapi persaingan tersebut, perlu adanya suatu ulasan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat melakukan peningkatan dan perbaikan dalam pelayanannya. Pada penelitian terdahulu, telah dilakukan analisis terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). SAW merupakan suatu metode penjumlahan terbobot yang dikenal secara luas untuk pengambilan keputusan. Akan tetapi, metode tersebut memiliki masalah seperti kurangnya akurasi data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini kami ingin menggunakan metode Servqual secara bersama di metode SAW. Tahapan dari usulan penelitian yang kami lakukan adalah melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar lalu dianalisis menggunakan metode Servqual dan SAW. Berdasarkan uji coba sistem yang dilakukan pada 5 cabang restoran ayam geprek Sultan, didapatkan hasil bahwa pemilik harus memperbaiki dimensi Responsiveness dengan nilai gap sebesar 0.105, nilai ini lebih rendah dibandingkan dimensi yang lain. Sedangkan cabang Semper ini memiliki prioritas terbesar untuk dilakukan perbaikan dibandingkan dengan 4 cabang lainnya dengan nilai akhir 0.6237. Dengan hasil yang didapatkan tersebut, diharapkan pemilik restoran dapat memberikan perbaikan pelayanannya.}, issn = {2502-2377}, pages = {88--99} doi = {10.21456/vol14iss1pp88-99}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/56814} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-22 03:38:45
Authors who submit the manuscripts to Journal JSINBIS must understand and agree that if the manuscript is accepted for publication, the copyright of the article belongs to JSINBIS and Diponegoro University as the journal publisher.
Copyright includes the exclusive right to reproduce and provide articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm and any other similar reproductions, as well as translations. The author reserves the rights to the following:
JSINBIS and Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no false or misleading data, opinions or statements are published in this journal. The content of articles published in JSINBIS is the sole and exclusive responsibility of the respective authors.
Copyright transfer agreement can be found here: [Copyright transfer agreement in doc] and [Copyright transfer agreement in pdf].
JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis) is published by the Magister of Information Systems, Post Graduate School Diponegoro University. It has e-ISSN: 2502-2377 dan p-ISSN: 2088-3587 . This is a National Journal accredited SINTA 2 by RISTEK DIKTI No. 48a/KPT/2017.
Journal JSINBIS which can be accessed online by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats