skip to main content

Penerapan Metode Service Quality (SERVQUAL) dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk Menentukan Pengambilan Keputusan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Restoran Ayam Geprek)

*Sulis Sandiwarno orcid scopus  -  Universitas Mercu Buana, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis)

Citation Format:
Abstract
Perkembangan usaha kuliner di Jakarta bisa dibilang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Setiap bulannya selalu ada resto baru maupun tempat makan baru seperti pedagang kaki lima maupun kafe. Untuk menghadapi persaingan tersebut, perlu adanya suatu ulasan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat melakukan peningkatan dan perbaikan dalam pelayanannya. Pada penelitian terdahulu, telah dilakukan analisis terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). SAW merupakan suatu metode penjumlahan terbobot yang dikenal secara luas untuk pengambilan keputusan. Akan tetapi, metode tersebut memiliki masalah seperti kurangnya akurasi data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini kami ingin menggunakan metode Servqual secara bersama di metode SAW. Tahapan dari usulan penelitian yang kami lakukan adalah melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar lalu dianalisis menggunakan metode Servqual dan SAW. Berdasarkan uji coba sistem yang dilakukan pada 5 cabang restoran ayam geprek Sultan, didapatkan hasil bahwa pemilik harus memperbaiki dimensi Responsiveness dengan nilai gap sebesar 0.105, nilai ini lebih rendah dibandingkan dimensi yang lain. Sedangkan cabang Semper ini memiliki prioritas terbesar untuk dilakukan perbaikan dibandingkan dengan 4 cabang lainnya dengan nilai akhir 0.6237. Dengan hasil yang didapatkan tersebut, diharapkan pemilik restoran dapat memberikan perbaikan pelayanannya.
Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan Pelanggan; SPK; SERVQUAL dan SAW; Ayam Geprek

Article Metrics:

  1. Anindya Puspitasari, Shella. 2019. “Jurnal SENOPATI Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Analisa Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kano Dan Quality Function Deployment (Studi Kasus PT. Bank X).” Jurnal Senopati: 41–49
  2. Aras, Mohamad, Indra Nara Persada, M Arpah, and Riswandhi Ismail. 2023. “Analisis Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Pupuk Menggunakan Konsep SPK Metode Simple Additive Weigthing.” 8: 256–64
  3. Boy, Ahmad Fitri, and Darjat Saripurna. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Toko Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory ( FAM ).” 3(1): 78–85
  4. Budi, Setyo, Aries Setiawan, Budi Widjajanto, and Achmad Wahid Kurniawan. 2021. “Metode Simple Additive Weighting Untuk Penentu Peringkat Variabel Kepuasan Konsumen Pada Layanan Jasa.” Jurnal Informatika Universitas … 6(2): 276–82. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika276
  5. Efendi, Mukhlisin, Wahyudi Harianto, and Danang Aditya Nugraha. 2021. “Penerapan Metode Servqual Dan Ahp Sebagai Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Akena Malang.” Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi 3(1): 42–50
  6. Eka, Amanda et al. 2020. “Kualitas Layanan X Dengan Metode Servqual Dan Analytical Hierarchy Process.” Jurnal Terapan Sains & Teknologi 2(3)
  7. Eni Pudjiarti, and Muhamad Tabrani. 2021. “Analisis Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap E-Commerce Dengan Metode Simple Additive Weighting.” Elkom : Jurnal Elektronika dan Komputer 14(2): 286–300
  8. Fithoni, Ahmad, and Desi Fitriyani. 2022. “Pengaruh Citra Merk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Counter Zombri Cell Muara Bulian.” 3(1): 77–89. https://teknologi.id/insight/jumlah-pengguna-smartphone-di-seluruh-dunia-dari-2014-2020
  9. Gultom, Dedek Kurniawan, Muhammad Arif, and Muhammad Fahmi. 2020. “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek.” MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3(2): 273–82
  10. Informatika, Teknik, Sekolah Tinggi, Ilmu Komputer, and Pelita Indonesia. 2019. “Gusrianty, Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Promethee Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Penjualan Sepeda Motor Bekas 1 62.” 8(2018): 62–69
  11. Khoiriyah, Rizqiyatul, and Dewi Afriati. 2022. “ANALISIS PROSES BISNIS DAN LAYANAN PENERBIT BUKU ONLINE ANDAMARI CREATIVE.” Jurnal Simasi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi 2: 13–21
  12. Mahmudi, A. Aviv. 2021. “Integrasi Servqual Dan Ahp Untuk Evaluasi Kualitas Layanan Dekranasda.” Saintekbu 13(01): 8–18
  13. Mahrizon, Dedi. 2022. “Sistem Pengambilan Keputusan Kepuasan Pelanggan Bengkel Motor Berkah Dengan Metode Simple Additive Weigthing.” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 9(5): 1460
  14. Mamangkey, Evan A j, James D D Massie, and Hendra N Tawas. 2021. “Analisa Kualitas Layanan Dengan Menggunakan Metode Servqual (Service Quality), IPA (Importance Performance Analysis) Dan PGCV (Potential Gain Customer Value) Terhadap Kinerja PT. Pegadaian (Persero) Cabang Megamas Manado.” Jurnal EMBA 9(2): 348–58
  15. Novita, Rice, and Wan Mulyani Egusti. 2019. “Penerapan Metode Servqual Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Pengarsipan.” 12(November): 2579–5406
  16. Pranitasari, Diah, and Ahmad Nurafif Sidqi. 2021. “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality Dan Kartesius.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen 18(02): 12–31
  17. Rahayu, Susi, and Lukmandono. 2019. “Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan SERVQUAL Dan TRIZ (Studi Kasus : Di PT Pos Indonesia KPRK Tuban).” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII 2019- Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya: 309–14
  18. Rahmah, Citra Anita. 2020. “PENGARUH KUALITAS PELAYANANDAN EMOSIONALTERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN.” Jurnal Manajemen Tools 12(2): 30–44
  19. Ramdani, M. Lutfi, and Siti Nurmiati. 2019. “Sistem Penunjang Keputusan Kepuasan Konsumen Pada PT. Lotte Shopping Indonesia Bogor.” Sainstech: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Sains dan Teknologi 29(2): 43–49
  20. Sambodo Rio Sasongko. 2021. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3(1): 104–14
  21. Satria, Satria. 2019. “Analisis Sistem Informasi Mengukur Kepuasan Pelayanan Pelanggan Dengan Metode Servqual.” Kilat 8(1): 52–64
  22. Setiawan, Fendi. 2021. “Pemilihan Supplier Jersey Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Di Toko Jerseyzone Malang.” 2(2): 47–54
  23. Surayya Lubis, Fitriani, Annisa Putri Rahima, Muhammad Isnaini Hadiyul Umam, and Muhammad Rizki. 2019. “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Servqual Dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Di Wilayah Kota Pekanbaru.” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri 16(02): 25–31
  24. Wahju Wibowo, and Imam Nuryanto. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dengan Metode Integrasi Servqual Dan Diagram Kartesius.” E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 15(1): 195–200
  25. Zulfikar, Rachmat, Anna Mukhayaroh, and Samudi Samudi. 2021. “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen Pada Situs Pemesanan Tiket Pesawat.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 7(1): 100–109

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 22:14:24

No citation recorded.