Reader Comments

10 Tips Ampuh Mendapatkan Nilai Cumlaude Saat Kuliah

by area seoku (06-11-2019)


Biaya Kuliah - Mendapatkan nilai cumlaude saat berada dibangku kuliah merupakan hal yang sangat impikan bagi mahasiswa. Nilai bisa dikatakan cumlaude jika mahasiswa memiliki IPK diatas 3,50. Sebenarnya untuk mendapatkan predikat tersebut bukanlah hal yang mustahil. Kita pasti bisa mendapatkan nilai cumlaude. Mau tau caranya gimana, maka ikuti 10 tips dibawah ini yang bakalan mendapatkan nilai cumlaude bisa kamu gapai dan bukan lagi hal mustahil.

1. Pastikan 95% Selalu Hadir Dan Mengisi Absen Disetiap Mata Kuliah.

Kenapa demikian, absensi dalam perkuliahan merupakan salah satu rangkaian penilaian yang dilakukan oleh dosen. Biasanya punya bobot dari 10-20%. Lumayan kan jika kalian gak melanggar ini, nilai yang kurang bisa ketutup dengan presensi kalian. Kalau bisa sih 100% hadir terus di perkuliahan dan kalau berhalangan hadir buatlah surat ijin atau kirim pesan ke dosen.

Baca Juga : Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

2. Kerjakan Tugas Sesuai Deadline.

Tugas dalam perkuliahan setiap minggunya pasti ada, karna tugas memang sesuatu hal yang gak bisa dihindari mahasiswa. Tugas memiliki bobot yang cukup besar dalam proses penilaian, maka sebaiknya kerjakan tugas sebaik-baiknya dan kumpulkan tepat waktu, atau lebih baik lagi sebelum deadline hari pengumpulan. Biasaya kalau yang sebelum deadline pengumpulan mendapatkan nilai ++ dari dosen.

3. Selalu Bertanya Setiap Diberi Kesempatan Dosen Bertanya.

Keaktifan mahasiswa didalam perkuliahan merupakan salah satu rangkaian penilaian akhir oleh dosen. Bertanyalah apapun itu ya tapi harus berkualitas dan jangan pertanyaan yang teoritis banget atau hafalan ada di buku. Mungkin contohnya kasus real dilapangan atau pengalaman dan sebagainya. Dengan semakin sering bertanya, pasti dosen akan hafal namamu dan dengan begitu kamu akan dikenal dosen. Dengan bergitu saat memberi nilai pasti ada pertimbangan dari dosen saat menilaimu dan pastinya kalau sudah dikenal ada nilai + nya.

4. Dekati Dosen.

Strategi yang jitu biar nilai bagus yaitu dekat dengan dosen. Ya memang agak sulit untuk bisa dekat dengan dosen, apalagi dosen yang dikenal killer atau cuek bebek. Tapi sebenarnya mudah kok, tenang aja dosen juga manusia. Kalau kita uda nglakuin tips 2 dan 3 pasti dosen akan memperhatikan kamu. Saat sudah mendapatkan kesempatan itu, maka selanjutnya kamu yang beraksi misal menawarkan diri untuk membantu jadi asdos, atau membantu risetnya. Semakin dekat dengan dosen, nilai A pasti sudah ditangan.

Baca Juga : Universitas Terbaik Di Indonesia

5. Duduk Dipaling Depan, Tonjolkan Dirimu.

Saat masuk perkuliahan, carilah tempat duduk yang paling depan sendiri. Disamping kamu bakal mudah menerima informasi materi perkuliah tapi juga ada nilai plusnya, karena dosen selalu memperhatikan mahasiswa yang duduk di paling depan. Selain itu juga diikuti dengan melakukan tips yang ke 3, dengan begitu dosen akan beranggapan kamulah yang menonjol dikelas, dan nilai keaktifan kamu semakin baik bagi dosen tersebut.

6. Saat Presentasi, Tunjukan Performanya.

Presentasi merupakan hal yang wajib dilakukan bagi mahasiswa saat selesai mengerjakan tugas yang diberikan dosen biasiswa s1. Saat presentasi dilakukan, coba buat kata2 sendiri yang dikembangkan dari slide presentasi. Jangan membaca slide presentasi, dengan begitu penilaian akan kualitas pemahaman materi dan performa presentasi oleh dosen pasti ada nilai +nya. Sehingga siapkan sebelumnya materi materi yang akan disampaikan presentasi dengan matang, mungkin bisa berlatih malam sebelumnya. Sehingga hasil presentasi yang kamu lakukan akan berkualitas dimata dosen.

7. Saat Ada Tugas Makalah, Laporan Dan Sebagainya.

Buatlah setebal mungkin lembaran tulisan anda. Ada beberapa dosen saat menilai tugas yang dikumpulkan oleh mahasiswa dilihat juga dari tebal tulisan yang dikumpulkan. Ya memang sih menulis banyak itu sulit, apalagi saat memikirkan kata-kata apa yang baik buat ditulis. Tapi jangan kawatir, ketika membuat laporan atau makalah perbanyaklah menyimpulkan dari materi yang kamu kumpulkan tetapi dengan menggunakan kata-kata sendiri, mungkin bisa menulisnya dengan mengembangkannya.

8. Mengerjakan UAS Secara Maksimal.

UAS merupakan goal dari akhir pembelajaran di perkuliahan, dan bobot nilai yang diberikan dosen pada UAS ini merupakan yang paling terbesar. Maka persiapkan diri dengan matang saat akan menghadapi UAS. Karna ada juga dosen yang menilai mata kuliah berdasarkan nilai UAS, tetapi hanya beberapa saja sih. Untuk menghadapi UAS ada beberapa tips sebenarnya antara lain tanya ke kakak tingkat tipe pemberian soal dosen terkait mata kuliah, dan kalau misal kakak tingkat mempunyai soalnya minta dan pelajarilah dengan baik. Karena biasanya soal UAS yang diberikan dosen tidak beda jauh dengan soal yang pernkah diberikan pada tahun sebelumnya beasiswa s1.

9. Bergabung Dengan Organisasi Kampus Atau Jurusan.

Aktif organisasi merupakan tips yang ke 9 yang bisa membantu kamu mendapatkan nilai cumlaude. Karena kegiatan organisasi bisa membantu kamu belajar juga, sharing ke teman lain dan banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan.

10. Pacar.

Masa-masa perkuliahan bisa menjadi masa mendapatkan jodoh. Sebenernya keberfungsian pacar dalam masa kuliah sebagai suppoter kita, tapi ya itu pilihlah pacar yang bisa sejalan dengan study mu. Disini anggap pacar merupakan sainganmu, tetapi saingan yang positif. Karna kita sebagai pasangannya pasti gak mungkin kan kalah sama pacar, apalagi tentang nilai. Sehingga pacar bisa menjadi salah satu pemacu kita untuk mendapatkan beasiswa s1 nilai terbaik.