skip to main content

PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SCL PADA MATAKULIAH STRUKTUR& KONSTRUKSI

*Eddy Prianto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Eddy Hermanto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Hendro Trilistyo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract


Sejauh ini, pola pembelajaran utama pada jurusan arsitektur adalah system pembelajaran kelas dan tugas
lapangan/kasus yang mewarnai setiap matakuliah di kurikulum prodi S1-Arsitektur. Ketranpilan yang dilandasi pola
piker/konsep akademis adalah modal yang diberikan bagi calon arsitek setelah lulus dari pendidikan ini. Dengan
adanya pola perubahan pembelajaran TCL ke SCL,salah satunya memberikan porsi dosen bukan lagi memeiliki peran
utama dalam menyampaikan ilmunya, namun kini berposisi sebagai fasilitator. Bagaimana dengan penerapannya yang
ada di matakuliah Struktur dan Konstruksi di Jurusan Arsitektur Undip ini ?
Terdapat 10 model pembelajaran berbasis SCL ini, model mana yang telah diterapkan pada perkulian ini dan adakah
ada peluang alternative lain dalam pengaplikasian di matakuliah ini? Sebenarnya pola atau model yang dilakukan
secara paker bertema evaluasi dan pengembangan pembelajaran model SCL ini sudah saatnya untuk dikaji pada semua
matakuliah inti di jurusan arsitektur FT undip ini.
Obyek matakuliah yang kami amati tentunya akan lebih mudah pada matakuliah yang kami ampu atau kami sebagai tim
teaching didalamnya, yaitu matakuliah Struktur dan Konstruksi, terlebih fokos pada tahapan ini, diawali pada Struktur
dan Konstruksi SEMESTER IV.
Peminat pendidikan arsitektur Undip dari tahun ke tahun selalu meningkat, salah satunya adalah peminat dasi
aspek gender perempuan yang mencapai peningkatan dari 20% ke 60%, namun tidak signifikan terhadap
pemahamannya pada model pembelajaran SCL di matakuliah struktur dan konstruksi semester 4. Tingkat pemahaman
metode SCL dalam penelitian ini terbukti dipengaruhi oleh lama studi peserta yang mengambil matakuliah, artinya
angkatan lama lebih paham model ini dibanding dengan angkatan baru pada matakuliah yang sama-sama diambilnya.
Namun setelah dilakukan penjelasan / sosialisasi metode pembelajaran SCL ini secara singkat pada salah satu sesion
pembelajaran di matakuliah Strukon 4 ini, pada rekapitulasi tahap berikutnya memberikan dampak positif bahwa
sebanyak 86% persen dari seluruh responden menyatakan menyukai pembelajran SCL ini. Dan secara urutan dari 10
(sepuluh) model pembelajaran SCL yang di sukai adalah Model Simulasi, Project-Based Learning (PjBL) dan
Problem-Based Learning/Inquiry (PBL/I).

Fulltext View|Download
Keywords: Struktur&Konstruksi; SCL; JAFT-UNDIP; Project-Based-Learning

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-15 23:15:33

No citation recorded.