SEKOLAH TINGGI DESAIN DI PEKANBARU DENGAN PENDEKATAN DE STIJL

SEKOLAH TINGGI DESAIN DI PEKANBARU DENGAN PENDEKATAN DE STIJL

*Fajria Madina orcid  -  Universitas Riau, Indonesia
Pedia Aldy scopus  -  Universitas Riau, Indonesia
Muhd. Arief Al Husaini  -  Universitas Riau, Indonesia
Received: 9 Jul 2020; Revised: 14 Sep 2020; Accepted: 5 Oct 2020; Published: 13 Oct 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sumber penyedia SDM yang sangat dibutuhkan dalam dunia industri kreatif, salah satunya pendidikan desain. Hal yang sangat disayangkan apabila pendidikan ini tidak didukung sarana prasarana serta fasilitas yang memadai. Maka dari itu, dibutuhkan suatu wadah yang mampu menampung kegiatan tersebut. Wadah untuk menampung kegiatan pendidikan desain tersebut dapat berbentuk Sekolah Tinggi Desain. Seiring berjalannya waktu, pendidikan desain ini mengalami beberapa perkembangan yang dilahirkan dari kritik-kritik keras dari pada seniman dimasa lalu, yang melahirkan berbagai kelompok, salah satunya membentuk pendekatan De Stijl. Pembahasan ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa alternative penerapan De Stijl pada perancangan Sekolah Tinggi Desain di Pekanbaru.

Keywords: Sekolah Tinggi; Desain; De Stijl

Article Metrics:

  1. Ching, F. D. (2000). Arsitektur, Bentuk, Ruang dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.
  2. Harrison, C. & Paul W. (2003). Art in Theory 1900-2000 An Anthology of Changing Ideas. Oxford: Blackwell Publishing.
  3. Kemendikbud. (2013). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  4. Kemenristekdikti. (2018). Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018. Jakarta: Pusdatin Iptek Dikti.
  5. Keppres. (2014). Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  6. Neufert, E. (2002). Data Arsitek Edisi Kedua Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  7. Permendikbud. (2020). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  8. Permendikbud. (2020). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  9. Rietveld, G. 1963. Rietveld, 1924. Schröder Huis. Hilversum: Steendrukkerij de Jong.
  10. Sachari, A. (2000). Pengantar Tinjauan Desain. Bandung: ITB.
  11. Xiaoli, F. and Zhiyong D. (2019). ‘Study on the Connotation of Holistic Design Associated with De Stijl Architecture and Furniture, E3S Web of Conferences 136, 01032, 1-4.