ANALISIS PENGARUH BUDAYA KERJA DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEUNgGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN

Article Metrics: (Click on the Metric tab below to see the detail)

Article Info
Submitted: 10-04-2017
Published:
Section: Articles
Fulltext PDF Tell your colleagues Email the author

Penelitian dilakukan untuk menganalisa pengaruh budaya kerja dan teknologi informasi terhadap keungguan bersaing dalam meningkatkan kinerja perusahaan, dengan studi kasus pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Provinsi Jawa Tengah.

Untuk melakukan analisis terhadap tujuan yang telah ditetapkan, data dikumpulkan dari sampel
105 responden BPR di Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan kuesioner. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif melalui nilai indeks dan analisis inferensial dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan teknik SEM menunjukkan bahwa: budaya kerja berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing; budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan; teknologi informasi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing; teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan; dan keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan pengaruh langsung dan tidak langsung budaya kerja dan teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan, menunjukkan satu komparasi yang mengarah pada lebih tingginya pengaruh tidak langsung dari budaya kerja dan teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan, artinya keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh budaya kerja dan teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan.

Keywords

Kinerja, budaya kerja, teknologi informasi, keunggulan bersaing.

  1. Slamet Widodo 
    MM UNDIP, Indonesia
  2. Harry Susanto 
    MM UNDIP, Indonesia