skip to main content

PENGARUH TUNNELLING INCENTIVE DAN DEBT CONVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING YANG DIMODERASI OLEH TAX MINIMIZATION

*Astuti Mintorogo  -  Universitas Pancasila, Indonesia
Syahril Djaddang  -  Universitas Pancasila, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menguji kebenaran terhadap pengaruh tunnelling incentive dan debt convenant terhadap keputusan transfer pricing yang dimoderasi oleh tax minimization. Pengukuran tunnelling incentive melalui jumlah kepemilikan saham, debt convenant diukur menggunakan strategi hutang dengan DER, dan tax minimization diukur menggunakan beban pajak dengan persentase laba kena pajak di masing-masing perusahaan manufaktur.

Sample yang digunakan berbasis data skunder, dari Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2015-2018. Metode Purposive sampling 60 data laporan keuangan dengan jumlah 15 perusahaan manufaktur tekstil. Tunnelling incentive berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing sedangkan debt convenant tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Tax minimization tidak memoderasi pengaruh antara tunnelling incentive dan debt convenant terhadap keputusan transfer pricing.

Dengan memperbanyak sampel khususnya di negara-negara Asia dapat membuat penelitian ini lebih berkembang dan sebagai bahan pertimbangan bagi para investor yang ingin berinvestasi, sebaiknya melakukan pengecekan ulang laporan pada keuangan yang ditebitkan oleh perusahaan, pada saat mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Fulltext View|Download
Keywords: tunnelling incentive, tax minimization, debt convenant, transfer pricing

Article Metrics:

Last update:

  1. Corporate Tax Policy: Impact Tunnelling Incentive, Debt Covenant, And Transfer Pricing

    Deden Tarmidi, Agustin Fadjarenie, Lin Oktris. Jurnal Akuntansi, 27 (1), 2023. doi: 10.24912/ja.v27i1.1249

Last update: 2024-04-19 06:37:21

No citation recorded.