skip to main content

ANALISIS FENOMENA ELEKTROHIDRODINAMIK PADA PERMUKAAN MINYAK MENGGUNAKAN PLASMA LUCUTAN KORONA DC POSITIF DENGAN KONFIGURASI ELEKTRODA GRADIENT OF LINE-TO-PLANE (GL-P)

*Desy Nuraini  -  Departemen Fisika, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Asep Yoyo Wardaya  -  Departemen Fisika, Universitas Diponegoro Semarang
Zaenul Muhlisin  -  Departemen Fisika, Universitas Diponegoro Semarang

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh beberapa variasi yang dipakai terhadap kurva karakteristik serta persebaran angin ion pada fenomena elektrohidrodinamik. Elektroda aktif yang digunakan berukuran 2x4 cm, 3x6 cm, serta 4x8 cm. Penelitian ini dilakukan dengan variasi sudut ketajaman bentuk elektroda aktif () , , dan  dan variasi jarak antar elektroda () , ,  , dan . Hasil penelitian pada kurva I-V menunjukkan bahwa kuat arus bertambah sejalan dengan bertambahnya tegangan, serta pada analisis elektrohidrodinamik menyatakan bahwa pengaruh diameter lubang gumpalan minyak akan berubah jika variasi yang digunakan juga berubah. Penelitian dilakukan dengan elektroda aktif dengan bentuk, ukuran, sudut ketajaman serta jarak antar elektroda yang sama besar.


Fulltext View|Download
Keywords: lucutan korona, korona negatif, korona positif, konfigurasi elektroda GL-P, kurva karakteristik I-V, elektrohidrodinamik

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.