skip to main content

ANALISIS DISTRIBUSI TINGKAT PENCAHAYAAN RUANG-RUANG KELAS DI DEPARTEMEN FISIKA

*Ainie Khuriati  -  Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kenyamanan  siswa  dalam  kelas  salah  satunya  bergantung  pada  tingkat  pencahayaannya. Pencahayaan  dalam  ruangan  yang  tepat  sangat  penting  terutama  di  ruang  kelas  pada  gedung pendidikan.  Kurangnya  tingkat  pencahayaan    dalam  kelas  mengarah  pada  berkurangnya kemampuan  akademik  siswa.    Untuk  memperoleh  seberapa  valuasi  kenyamanan  dilakukan pengukuran  tingkat  pencahayaan  dan  kuesioner  untuk  mengetahui  persepsi  siswa.  Pengukuran dilakukan  menggunakan  alat  ukur  pribadi  dengan  sensor  BH1750  dan  komputer.  Komputer berfungsi sebagai antarmuka dan penyimpan data pengukuran. Tujuan utama dari artikel ilmiah ini adalah  untuk  (1)  mengidentifikasi  tingkat  pencahayaan    melalui  pengukuran  di  ruang  kelas,  2) menganalisis distribusi tingkat pencahayaan di lingkungan kelas berkenaan dengan kenyamanan, dan 3) mengevaluasi  hasil pengukuran terhadap SNI. Hasil menunjukkan bahwa hanya satu kelas yang memiliki distribusi tingkat pencahayaannya merata, satu kelas cenderung terdistribusi secara normal, dan kelas lainnya memiliki distribusi yang cenderung miring ke kiri. Meskipun dari ketiga kelas  tidak  ada  yang  memenuhi  kriteria  SNI,  namun  ternyata  tidak  mengganggu  dalam  proses belajar mengajar, siswa tetap dapat membaca dan menulis secara jelas.
Fulltext View|Download
Keywords: boxplot, lux, pencahayaan, persepsi, SNI 03-6575-2001

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 02:00:15

No citation recorded.