skip to main content

KARAKTERISTIK DAN POTENSI HARA SEDIMEN PADA LAHAN BASAH DI DESA TANGGUL TLARE KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA

*Churun A’in  -  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Lahan basah merupakan salah satu daerah vital di wilayah pesisir. Dipandang dari segi ekologis kawasan ini menyimpan beragam fungsi diantaranya: sebagai buffer area, konversi dan pensuplai nutrien, menyerap dan mereduksi banjir, serta habitat bagi beberapa spesies hewan pesisir. Untuk mendukung usaha pengembangan kawasan lahan basah sebagai suatu sumberdaya alamiah, maka diperlukan suatu survai tanah (lahan) ataupun pemetaan kemampuan tanah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil fisik dan potensi hara sedimen pada lahan basah di desa Tanggul Tlare dan sekaligus mengetahui hubungan kualitas sedimen dan sediaan hara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Sample Survey Method” dan bersifat deskriptif guna memberikan gambaran mengenai situasi dan kondisi secara lokal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2007 di desa Tanggul Tlarre, kelurahan Kedung, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara.

Berdasarkan sifat dan karakteristiknya lahan basah di desa Tanggul Tlare digolongkan sebagai lahan basah tipe rawa pasang surut. Spesifikasi yang dimiliki lahan basah tersebut diantaranya adalah adanya perbedaan substrat dasar yang menyebabkan beberapa pola zonasi; zona I didominasi pasir, zona II didominasi lempung, zona III didominasi lumpur; kepayauan akan semakin berkurang untuk setiap peningkatan zona; bahan organik (BOT) yang tinggi. Dari hasil penelitian potensi hara yang dimiliki lahan basah tersebut dikategorikan dalam taraf rendah (nitrogen total dan fosfat).  Kualitas sedimen berpengaruh secara nyata terhadap potensi hara dengan indeks korelasi yang erat, kecuali BOT dan fosfat (thit = 1,817 < ttab=2,633; r = 0,491) yaitu liat berpengaruh terhadap sediaan fosfat (thit = 5,800 > ttab=2,633; r = 0,878), liat berpengaruh terhadap sediaan nitrogen (thit = 6,169 > ttab=2,633; r = 0,890), BOT berpengaruh terhadap N (thit = 7,251 > ttab=2,633; r = 0,917),  dan  BOT berpengaruh terhadap C (thit = 38,820 > ttab=2,633; r = 0,997). Disamping itu nilai kualitas sedimen dapat dijadikan sebagai penduga sediaan hara sedimen (Y=a + bX).

Kata Kunci : Lahan Basah, Kualitas Sedimen, Potensi Hara

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Article Info
Section: Articles
Language : EN
Statistics:
Share:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.