skip to main content

Analisis Pengaruh Produk Domestik Bruto, ICT Development Index Dan Good Governance Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Anggota ASEAN Dan SAARC Kategori Lower-Upper Medium

Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Pencapaian pembangunan ekonomi dapat dilihat pada keberhasilan pembangunan manusia. UNDP (2008) membuat indikator Indeks Pembangunan Manusia untuk mengukur perkembangan pembangunan manusia di suatu negara. Indeks Pembangunan Manusia di Negara ASEAN dan SAARC perlu dianalisis sebab masih termasuk kategori lower-upper medium. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Produk Domestik Bruto, ICT Dvelopment Index dan variabel Worldwide Governance Indicators terhadap Indeks Pembangunan Manusia.

Hasil penelitian menunjukkan variabel produk domestik bruto, ICT development Index, dan political stability and absence of violence or terrorism memiliki hubungan yang positif dan signifikan, sedangkan control of corruption memiliki hubungan yang negatif dan signifikan  terhadap indeks pembangunan manusia di negara ASEAN dan SAARC kategori lower-upper medium. variabel regulatory quality memiliki hubungan yang berbeda antara kedua organisasi regional. Pada ASEAN kategori lower-upper medium memeiliki hubungan yang positif dan signifikan sedangkan SAARC kategori lower-upper medium memiliki hubungan yang negatif dan signifikan.

Fulltext View|Download
Keywords: Pembangunan Manusia, ICT Development Index, tata pemerintahan yang baik, Produk Domestik Bruto

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.