skip to main content

Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Riset: Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif, Kreatif dan Sikap Kritis dalam Rangka Menghadapi Revolusi Industri 4.0

*Suharyo Suharyo  -  Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang Jl. dr. Antonius Suroyo, Kampus Tembalang Semarang - 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Era revolusi industri 4.0 menuntut perguruan tinggi untuk berbenah agar sumber daya manusia yang dihasilkan mampu bersaing di tingkat global. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis riset yang diyakini mampu menjawab tantangan dalam revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan studi pustaka terhadap buku, artikel jurnal, hasil penelitain yang relevan dengan topik yang dibahas. Lalu, penelitian ini menggunakan prosedur yang ditawarkan Miles dan Haberman, yaitu   pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasilnya adalah (a) diperlukan re-desain RPS yang berbasis riset, (b) model pembelajaran  berbasis riset telah terkonfirmasi dalam bebagai kajian (termasuk bahasa Indonesia) sangat signifikan, (c) sangat diperlukan literasi baru dalam pembelajaran bahasa Indonesia guna mendukung kompetensi 6C mahasiswa (communication, collaboration, critical thinking, creativity, compassion, and computational thinking ), (d) sangat diperlukan literasi baru (literasi data, teknologi, dan manusia) dalama pembelajaran (bahasa Indonesia) agar lulusan perguruan tinggi memiliki daya saing di tingkat global, (e) pembelajaran bahasa Indonesia berbasis riset sangat baik untuk dijadikan salah satu model pembelajaran; (f) pembelajaran berbasis riset menumbuhkan jiwa dan sikap yang inspiratif, kreatif, dan berpikir kritis mahasiswa sesuai tuntutan di era revolusi industri 4.0, dan (g) pembelajaran berbasis riset gayut dengaan program MBKM yang sekarang ini sedang ramai diperbicangkan. 
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Frydenberg, M.,& Andone, D.2011. “Learning for 21 st century skills.” International Confrence on Information Society, i-Society 2011,314-318. https://doi.org/10.1109/i-society18435.2011.5978460 via Damayanti, dkk.(2023)
  2. Rozak, A.2018. “Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Uinjkt.ac.id. Retrieved from https://www.uinjkt.ac.id/perlunya-literasi-baru-menghadapi-era-revolusi-industri-4-0/
  3. Ibda, Hamidulloh.2019. “Pembelajaran Bahasa Indoensia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Jalabahasa,Vol.15, No.1(hlm 48-64)
  4. Zahrawati, Fawziah; Andi Aras. 2020. “Pembelajaran Berbasis Riset dengan Memanfaatkan Google Classroom pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial”. Jurnal Ilmiah Iqra’, volume 14, No.2, 2020, hlm 143-154)
  5. Cahyani, Isah. 2020.”Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia”. Jurnal Sosiohumanika, 3(2)2010, hlm. 175-192
  6. Saide, Muh. Dewana.2018.”Perguruan Tinggi Islam Berbasis Riset Menyongsong Bonus Demografi Indonesia 2045”. Jurnal Al-Hikmah (12 (1), hlm.117-130
  7. Damayanti, dkk. 2023.”Redeain RPS Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kemampuan 6C Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia”. Jurnal Semantik, Volume 12, No.2, hlm.251-264
  8. Sutisna,dkk.2022.”Penerapan Heutagogy dalam Program MBKM di PTKIS”.Jurnal Al-Afkar, Vol.5,No.3, hlm. 41-58
  9. Zakaria.2021.”Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Dirasah,4(2),hlm.81-90
  10. Saputro,A.N.2017.”Pengembangan Buku Ajar Menulis Sastra yang Berorientasi pada Pembentukan Karakter Siswa.”Jurnal Gramatika,2(3)
  11. Trilling,B & Fadel,C.2009.21ist Century Skills: Learning for Life in Or Times.Jossey-Bass A Wiley Imprint

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-28 14:32:04

No citation recorded.