skip to main content

Imajinasi Siswa Dalam Memilih Jurusan Kuliah: Studi Kasus Pada Siswa SMAN “Z” Jakarta

*Muhammad Reza Hilmawan  -  Program Studi Pascasarjana Antropologi, FISIP, Universitas Padjadjaran, Jalan Bukit Dago Utara nomor 25, Bandung, Jawa Barat 40135, Indonesia
Selly Riawanti  -  Departemen Antropologi, FISIP, Universitas Padjadjaran, Jalan Raya Bandung Sumedang Km 21, Sumedang, Jawa Barat 45363, Indonesia
Junardi Harahap  -  Departemen Antropologi, FISIP, Universitas Padjadjaran, Jalan Raya Bandung Sumedang Km 21, Sumedang, Jawa Barat 45363, Indonesia
Open Access Copyright 2024 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berusaha menelusuri konteks sosial yang ada pada imajinasi siswa kelas XII di SMA dalam memilih jurusan kuliah. Penelitian dilakukan di SMAN “Z” Jakarta, salah satu SMAN unggulan di Jakarta yang lengkap memiliki tiga jurusan, yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi sekolah (Spindler, 1982) yang disesuaikan dengan metode etnografi digital (Postill, 2016: 61-69) (Pink dkk, 2016: 69-72) karena penelitian diselenggarakan dalam kondisi pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imajinasi siswa dalam memilih jurusan kuliah beragam. Imajinasi dan keberagamannya ini dikondisikan oleh adanya situasi liminal dan faktor-faktor lain seperti kondisi ekonomi, negara, struktur pendidikan formal, keluarga, teknologi media informasi, dan teman sepermainan di sekolah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa imajinasi menjadi alat kebertahanan dan kelangsungan hidup dalam aspek perencanaan siswa di dalam masyarakat yang penuh persaingan dan ketidakpastian melalui proyeksi masa depan siswa.
Fulltext View|Download
Keywords: anthropology; education; political-economy

Article Metrics:

  1. Althusser, Louis. 1971. Lenin and Philosophy and Other Essays. Monthly Review Press: New York and London, h. 127-186
  2. Dohrn, Kristina. 2017. A “Golden Generation”? Framing the Future Among Senior Students at Gulen-Inspired Schools in Urban Tanzania, dalam Kathleen D, Hall. Amy, Stambach (ed.) Anthropological Perspectives on Student Futures: Youth and the Politics of Possibility. Palgrave Macmillan: New York, h. 51-68
  3. Gilbertson, Amanda. 2017. Aspiration as Capacity and Compulsion: The Futures of Urban Middle-Class Youth in India, dalam Kathleen D, Hall. Amy, Stambach (ed.) Anthropological Perspectives on Student Futures: Youth and the Politics of Possibility. Palgrave Macmillan: New York, h. 19-32
  4. Hefner, Claire-Marie. 2017. Aspiration, Piety, and Traditionalism Among Indonesian Islamic Boarding School Girls, dalam Kathleen D, Hall. Amy, Stambach (ed.) Anthropological Perspectives on Student Futures: Youth and the Politics of Possibility. Palgrave Macmillan: New York, h. 69-81
  5. Kim, Young Chun, Jung-Hoon, Jung. 2019. Shadow Education as Worldwide Curriculum Studies. Palgrave Macmillan: New York, h. 93-96
  6. Krüger, Simone. 2008. Ethnography in the Performing Arts: A Student Guide. LJMU: Liverpool, h. 103-124
  7. Mulyanto, Dede. 2012. Genealogi Kapitalisme: Antropologi dan Ekonomi Politik Pranata Eksploitasi Kapitalistik. Resist Book: Yogyakarta, h. 164
  8. Nirmala, Intan, Abdul Naser Rafi’i, Attamimi, Vivian Elok, Alami. 2018. Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018. Pusdatin Iptek Dikti: Jakarta
  9. Pink, Sarah, Heather Horst, John Postill, Larissa Hjorth, Tania Lewis, Jo Tacchi. 2016. Digital Ethnography: Principles and Practice. Sage Publications Ltd: London
  10. Postill, John. 2016. Remote Ethnography: Studying Culture from Afar, dalam Larissa Hjorth, Heather Horst, Anne Galloway, Genevieve Bell (ed.) The Routledge Companion to Digital Ethnography. Routledge: New York, h. 61-69
  11. Roder, Dolma. 2017. “Too Good to Teach”: Bhutanese Students and a Hierarchy of Aspirations, dalam Kathleen D, Hall. Amy, Stambach (ed.) Anthropological Perspectives on Student Futures: Youth and the Politics of Possibility. Palgrave Macmillan: New York, h. 33-49
  12. Spindler, George. 1982. Doing the Ethnography of Schooling. College Publishing: New York
  13. Stambach, Amy. 2017. Introduction, dalam Kathleen D, Hall, Amy Stambach (ed.) Anthropological Perspectives on Student Futures: Youth and the Politics of Possibility. Palgrave Macmillan: New York, h. 1-13
  14. Stuart, McLean. 2007. Introduction: Why Imagination? dalam edisi spesial, Irish Journal
  15. of Anthropology 10 (2): 6
  16. Vygotsky, Lev Semenovich. 2004. Imagination and Creativity in Childhood. Journal of Russian and East European Psychology, vol. 42, no. 1, ME Sharpe Inc: New York, h. 9-20
  17. Sumber Internet
  18. Informasi Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021. Diakses 18 Februari 2021. www.ltmpt.ac.id
  19. Sebelas Prodi Favorit Calon Mahasiswa Baru di Indonesia dari Tahun ke Tahun. 2020. Diakses 23 September 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/22/22245611/11-prodi-favorit-calon-mahasiswa-baru-di-indonesia-dari-tahun-ke-tahun?page=all
  20. Berebut Kursi ke Perguruan Tinggi Negeri. 2016. Diakses 25 Februari 2021. Berebut Kursi Ke
  21. Perguruan Tinggi Negeri - Tirto.ID
  22. Kurikulum Pendidikan 2013. Diakses 30 November 2021. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-2013/"

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-07-16 06:36:12

No citation recorded.