BibTex Citation Data :
@article{ENDOGAMI61480, author = {Muhammad Hilmawan and Selly Riawanti and Junardi Harahap}, title = {Imajinasi Siswa Dalam Memilih Jurusan Kuliah: Studi Kasus Pada Siswa SMAN “Z” Jakarta}, journal = {Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi}, volume = {7}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {anthropology; education; political-economy}, abstract = {Penelitian ini berusaha menelusuri konteks sosial yang ada pada imajinasi siswa kelas XII di SMA dalam memilih jurusan kuliah. Penelitian dilakukan di SMAN “Z” Jakarta, salah satu SMAN unggulan di Jakarta yang lengkap memiliki tiga jurusan, yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi sekolah (Spindler, 1982) yang disesuaikan dengan metode etnografi digital (Postill, 2016: 61-69) (Pink dkk, 2016: 69-72) karena penelitian diselenggarakan dalam kondisi pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imajinasi siswa dalam memilih jurusan kuliah beragam. Imajinasi dan keberagamannya ini dikondisikan oleh adanya situasi liminal dan faktor-faktor lain seperti kondisi ekonomi, negara, struktur pendidikan formal, keluarga, teknologi media informasi, dan teman sepermainan di sekolah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa imajinasi menjadi alat kebertahanan dan kelangsungan hidup dalam aspek perencanaan siswa di dalam masyarakat yang penuh persaingan dan ketidakpastian melalui proyeksi masa depan siswa.}, issn = {2599-1078}, pages = {368--384} doi = {10.14710/endogami.7.2.368-384}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/endogami/article/view/61480} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-09-19 22:08:59
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.