skip to main content

OPTIMALISASI PENGUKURAN ARUS OLEH CURRENT TRANSFORMER UNTUK MEMINIMALISIR SUSUT ENERGI PADA PABRIK BAJA PT. INTI GENERAL YAJA STEEL DAERAH SEMARANG BARAT

*Devita Amalia  -  PSD III Teknik Elektro, Indonesia
Eko Ariyanto  -  PSD III Teknik Elektro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

kWhmeter adalah suatu alat ukur energi listrik yang mengukur secara langsung hasil kali tegangan, arus, faktor kerja, dan waktu yang bekerja selama jangka waktu tertentu. Pengukuran energi yang dominan adalah pengukuran arus, di mana arus yang diukur melebihi arus yang terdapat di kWh meter. Untuk itu dibutuhkan suatu peralatan instrumen yang dapat menurunkan arus yaitu trafo arus.

Susut distribusi pada sistem kelistrikan dapat terjadi pada alat pengukur dan pembatas (APP) yang dipergunakan dalam transaksi tenaga listrik dengan pelanggan. Susut yang terjadi pada APP ditentukan oleh akurasi APP dan akurasi pembacaan atau pengambilan data hasil pengukuran.

Untuk menghindari atau mengurangi susut tersebut pemilihan trafo arus yang tepat sangat dibutuhkan seperti mengamati seberapa besar ketelitian trafo arus dalam pengukuran. Kelas ketelitian trafo arus, burden, kesalahan sudut, dan juga arus nominal dari sisi primer trafo arus harus diperhatikan. Jika pemilihan tidak sesuai, maka akan memungkinkan terjadinya susut.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.