skip to main content

PELAKSANAAN E-GOVERNMENT PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM MENCIPTAKAN GOOD GOVERNANCE PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

*Dedi Epriadi  -  Universitas Putera Batam, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Minimnya sosialisasi informasi persyaratan dan penggunaan E-Samsat, terbatasnya jumlah sumber daya manusia untuk tenaga operator mobil Samsat keliling dan operator gerai Samsat, masih sering terjadi gangguan jaringan internet sehingga E-Samsat masih belum bekerja optimal, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan E-Samsat menjadi beberapa permasalahan dalam penerapan E-Government di Kantor Samsat Kabupaten Merangin. Oleh karena itu, penelitian ini bertuuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan E-Government pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui E-Samsat beserta kendalanya. Metode penelian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada penerapan E-Samsat. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan E-Goverment pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dalam mendukung Good governance dilakukan melalui inovasi penambahan fasilitas pelayanan Samsat Online, fasilitas pelayanan mobil Samsat Keliling, dan fasilitas pelayanan Gerai Samsat. Untuk saat ini E-Goverment pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor masih belum optimal karena terkendala minimnya sosialisasi informasi persyaratan dan penggunaan E-Samsat, terbatasnya jumlah SDM untuk tenaga operator mobil Samsat Keliling dan Operator Gerai Samsat, sering terjadi gangguan jaringan internet, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan E-Samsat. Rekomendasi yang bisa diberikan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya yang berhubungan langsung dengan pelayanan E-Samsat seperti SDM dan sarana prasarana.
Fulltext View|Download
Keywords: E-Government; E-Samsat; Inovasi

Article Metrics:

  1. Agustino, L. (2008). Dasar-dasar kebijakan publik: Bandung: Alfabeta
  2. Dwiyanto, A. (2006). Reformasi birokrasi publik di Indonesia: Gadjah Mada University Press
  3. Moenir, H. (1995). Manajemen pelayanan umum. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Nawawi, H. H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif
  5. Prakosa, K. B., & Malian, S. (2003). Pajak dan Retribusi Daerah: Universitas Islam Indonesia (UII) Press
  6. Satori, D. a., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 22
  7. Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif: Grasindo
  8. Supadmi, N. L. (2009). Meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui kualitas pelayanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-18 09:19:26

No citation recorded.