PELAKSANAAN E-GOVERNMENT PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM MENCIPTAKAN GOOD GOVERNANCE PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

Abstract
Minimnya sosialisasi informasi persyaratan dan penggunaan E-Samsat, terbatasnya jumlah sumber daya manusia untuk tenaga operator mobil Samsat keliling dan operator gerai Samsat, masih sering terjadi gangguan jaringan internet sehingga E-Samsat masih belum bekerja optimal, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan E-Samsat menjadi beberapa permasalahan dalam penerapan E-Government di Kantor Samsat Kabupaten Merangin. Oleh karena itu, penelitian ini bertuuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan E-Government pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui E-Samsat beserta kendalanya. Metode penelian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada penerapan E-Samsat. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan E-Goverment pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dalam mendukung Good governance dilakukan melalui inovasi penambahan fasilitas pelayanan Samsat Online, fasilitas pelayanan mobil Samsat Keliling, dan fasilitas pelayanan Gerai Samsat. Untuk saat ini E-Goverment pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor masih belum optimal karena terkendala minimnya sosialisasi informasi persyaratan dan penggunaan E-Samsat, terbatasnya jumlah SDM untuk tenaga operator mobil Samsat Keliling dan Operator Gerai Samsat, sering terjadi gangguan jaringan internet, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan E-Samsat. Rekomendasi yang bisa diberikan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya yang berhubungan langsung dengan pelayanan E-Samsat seperti SDM dan sarana prasarana.
Keywords: E-Government; E-Samsat; Inovasi
Article Metrics:
Related articles
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INPASSING JABATAN GURU BUKAN PNS SMP SWASTA KABUPATEN KENDAL
REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN JAWA TENGAH)
EVALUASI RENCANA KERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAHBADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA SEMARANG
ANALISIS KEBIJAKAN PENGELOLAAN OBYEK WISATA TAMAN WISATA MARGASATWA MANGKANG SEMARANG
ANALISIS COST AND EFFECTIVITY PROGRAM KARTU PRAKERJA DI INDONESIA
PEMBANGUNAN DAERAH PERBATASAN YANG TERABAIKAN: KAJIAN PERBATASAN KECAMATAN RUPAT UTARA KABUPATEN BENGKALIS – SELAT MALAKA
- Agustino, L. (2008). Dasar-dasar kebijakan publik: Bandung: Alfabeta
- Dwiyanto, A. (2006). Reformasi birokrasi publik di Indonesia: Gadjah Mada University Press
- Moenir, H. (1995). Manajemen pelayanan umum. Jakarta: Bumi Aksara
- Nawawi, H. H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif
- Prakosa, K. B., & Malian, S. (2003). Pajak dan Retribusi Daerah: Universitas Islam Indonesia (UII) Press
- Satori, D. a., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 22
- Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif: Grasindo
- Supadmi, N. L. (2009). Meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui kualitas pelayanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis
Last update: 2021-03-04 19:33:38
No citation recorded.
Last update: 2021-03-04 19:33:39
No citation recorded.