skip to main content

PEMANFAATAN E-GOVERNMENT BERBASIS WEBSITE DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA SEMARANG)

Mahendradi Mahendradi  -  Department of Public Administration, Universitas Tidar. Jl. Kapten Suparman No.39, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116|Universitas Tidar|Indonesia, Indonesia
*Ardiyansah Ardiyansah orcid  -  Department Management, Universitas Al-Khairiyah. Jl. Citangkil, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten, Indonesia 42441|Universitas Al-Khairiyah|Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Electronic government (e-government) diterapkan untuk mengatasi birokrasi pelayanan perizinan yang lamban, prosedur yang berbelit-belit, biaya tinggi, tidak ada kepastian jangka waktu penyelesaian. Pemanfaatan e-government untuk mengatasi permasalahan tersebut dan upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik juga dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pemanfaatan e-government berbasis website dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di DPMPTSP Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah buku, jurnal dan artikel terkait e-goverment dalam pelayanan publik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan e-government di DPMPTSP Kota Semarang menekankan  integrasi antara G2G,G2B da G2C dalam satu sistem pelayanan satu pintu. Cakupan e-government di DPMPTSP Kota Semarang yaitu e-administratiom, e-citizen dan e-service. Pemanfaatan e-government berbasis website di DPMPTSP Kota Semarang berhasil meningkatkan kualitas pelayanan perizinan menjadi lebih efektif dan efisien yang dibuktikan dengan semakin meningkatnya data statistik pengunjung website DPMPTSP setiap harinya.

 Kata Kunci: e-goverment, pelayanan publik, perizinan, DPMPTSP Kota Semarang

Fulltext View|Download
Keywords: e-goverment, pelayanan publik, perizinan, DPMPTSP Kota Semarang

Article Metrics:

  1. Bisri, Devitasari Nur Fadzilah dan Hardi Warsono, 2013, Analisis Sistem Penanganan Pengaduan Pada Pelayanan Perijinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang, Universitas Diponegoro
  2. Effendy, A Subowo, 2018, Evaluasi Pelaksanaan E-Government di Kota Semarang, Journal of Public Policy and Management Review Vol.8 No.1 hal.16-31, Universitas Diponegoro
  3. Hartono, D.U. dan Mulyanto, E., 2010, Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web, Jurnal Teknologi Informasi Volume 6 Nomor 1
  4. Hidayati, Nur, 2016, E-government dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-samsat Jawa Timur di Kabupaten Gresik), Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, Volume 4, Nomor 3, ISSN: 2302-2019
  5. Indrajit dan Richardus Eko, dkk, 2015, E-government in Action, Yogyakarta, Penerbit ANDI
  6. Kase, J., 2010, Perencanaan Strategis Sistem Informasi (SI) Pada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Tesis, Universitas Gadjah Mada
  7. Noviana Rina dkk, 2015, Manajemen E-government Berbasis Web Model Government-to-Citizen (G2C) Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Journal of Public Policy and Management Review,Vol.4 No.3, hal. 569-579, Universitas Diponegoro
  8. Nugraha, Joko Tri, 2018, E-government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-government di Pemerintah Kabupaten Sleman), Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, vol. 2 No.1 hal 32-42. Universitas Tidar
  9. Prastyo, Alfian Adi, dkk, 2014, Analisis Pengembangan E-Government di Kota Semarang (Studi Website Resmi Kota Semarang), Journal of Public Policy and Management Review, vol 3, no.4, Universitas Diponegoro
  10. Rinandar, 2014, Analisis E-government dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tengah, Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 7, halm.192-199. ISSN: 2302-2019
  11. Widyanti, Putri, (2014), Studi Evaluasi Proses Pelayanan Prima Perijinan Terpadu Satu Pintu di BPPT Kota Semarang, Jurnal Pemerintahan, hal 3-4. Universitas Diponegoro
  12. Peraturan Perundang-undangan
  13. Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat
  14. Website
  15. Website resmi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang. http://dpmptsp.izin.semarangkota.go.id

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-28 05:51:53

No citation recorded.