skip to main content

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Behavioral Intention (Niat Perilaku) Pengguna Mikrotrans Jaklingko di DKI

*Defani Risti Mayrisha  -  Department of Public Administration, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro|Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Transportasi di Jakarta memegang peranan yang sangat strategis. Sebagai pusat pelayanan pemerintahan negara, kota Jakarta berperan sebagai pusat seluruh kegiatan masyarakat mulai dari bidang ekonomi, sosial, maupun budaya. Dinas perhubungan mencatat pada tahun 2002, perjalanan perhari mencapai 7,3 juta. Kemudian pada tahun 2010, perjalanan per hari menjadi 9,9 juta dan pada tahun 2020 meningkat sebanyak 13 juta perjalanan per harinya. Diperkirakan 12,7 juta atau setara 98% menggunakan kendaraan pribadi, sedangkan proporsi penggunaan angkutan umum hanya 2%.. merujuk pada fakta tersebut, perlu adanya pengembangan sistem transportasi umum.  Salah satu bentuk pengembangan sistem transportasi umum yaitu dengan meluncurkan Mikrotrans yang menggunakan sistem pembayaran terintegrasi yaitu Jaklingko. Sebagai penyelenggara pelayanan publik, Mikrotrans     Jaklingko harus sadar tentang pentingnya memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan faktor dominan dari kualitas pelayanan pada behaviora intention pengguna mikrotrans Jaklingko di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap behavioral intention pengguna mikrotrans Jaklingko di Jakarta. hasil penghitungan Koefisien Deteminan baik masing-masing variabel X (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan empathy maupun variabel X secara bersama-sama (Kualitas Pelayanan) mempunyai pengaruh sebesar 93,7% terhadap variabel Y. faktor dominan yang mempengaruhi variabel behavioral intention adalah ada pada variabel tangible, dimana variabel tersebut paling banyak memberikan pengaruh terhadap variabel behavioral intention yaitu sebanyak 52,41%.

Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Pelayanan, behavioral intention, transportasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-20 15:33:11

No citation recorded.