skip to main content

Transformasi Birokrasi di Indonesia: Kajian dari Sudut Pandang Administrasi Publik

*Ahmad Rosandi Sakir  -  Ilmu Administrasi Negara, Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Poka, Kec. Tlk. Ambon, Kota Ambon, Maluku|Universitas Pattimura Maluku|Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan berbagai model reformasi birokrasi yang telah diterapkan, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain di seluruh dunia. Pemahaman yang mendalam tentang reformasi birokrasi dari sudut pandang Administrasi Publik dianggap penting untuk memberikan wawasan yang menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (literature review) dengan mengkaji berbagai sumber terkait reformasi birokrasi. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa reformasi birokrasi di berbagai negara umumnya melibatkan dua aspek utama: dimensi organisasi dan dimensi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Dimensi organisasi mencakup struktur, budaya, teknologi, serta aspek hukum dan regulasi. Sementara itu, dimensi SDM aparatur mencakup pengetahuan, keterampilan, sikap, perilaku, pola pikir, disiplin, integritas, dan kinerja. Di Indonesia, reformasi birokrasi yang dimulai sejak tahun 1998 bertujuan untuk menciptakan birokrasi yang bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Fulltext View|Download
Keywords: Birokrasi; Transformasi; Pelayanan Publik

Article Metrics:

  1. Akbar, G. G., Rulandari, N., & Widaningsih, W. (2021). Reformasi birokrasi di Indonesia, sebuah tinjauan literatur. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2), 187-199
  2. Amaliah, Y., Sakir, A. R., & Lukman, J. P. (2023). Optimization Of Local Tax Revenue: A Case Study Of Local Tax Revenue In The South Sulawesi Province. Oikonomia: Journal of Management Economics and Accounting, 1(1), 15-23
  3. Dwiyanto, A. (2015). Reformasi birokrasi kontekstual. Gadjah Mada University Press
  4. Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan revolusi industri 4.0: Mencegah Smart ASN menjadi mitos dalam agenda reformasi birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 313-336
  5. Ginting, R., & Haryati, T. (2011). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2)
  6. Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 25-37
  7. Holidin, D., Hariyati, D., & Sunarti, E. S. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Transisi. Kencana
  8. Lestari, R. A. (2019). Reformasi Birokrasi Sebagai Pelayan Publik. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(1)
  9. Rohman, A., & Trihardianto, W. T. (2019). Reformasi Birokrasi dan Good Governance (pp. 1-147). Intrans Publishing
  10. Sakir, A. R., Yunus, R., & Syamsu, S. (2021). Budaya Birokrasi: Kinerja Pegawai Samsat Maros Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Administrasi Negara, 27(3), 293-316
  11. Soebhan, S. R. (2000). Model reformasi birokrasi Indonesia. Jakarta: PPW LIPI
  12. Wakhid, A. A. (2011). Eksistensi Konsep Birokrasi Max Weber Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 7(2), 126-146
  13. Wastuhana, Y., & Werdiningsih, R. (2021). Reformasi Birokrasi Era Informasi Teknologi. Jurnal Media Administrasi, 3(1), 8-15
  14. Wibowo, A. A., & Kertati, I. (2022). Reformasi Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Public Service and Governance Journal, 3(01), 01-12
  15. Yasa, A., Suswanta, S., Rafi, M., Rahmanto, F., Setiawan, D., & Fadhlurrohman, M. I. (2021). Penguatan reformasi birokrasi menuju era society 5.0 di indonesia. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 27-42
  16. Yusriadi, M. (2017). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-25 22:04:57

No citation recorded.