skip to main content

MANAJEMEN KINERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PADANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN INDEKS PEMBANGUNAN LITERASI MASYARAKAT (IPLM) DI KOTA PADANG

Cynthia Aprilla Sari  -  Universitas Andalas, Indonesia
*Roni Ekha Putera scopus publons  -  Universitas Andalas, Indonesia
Kusdarini Kusdarini  -  Universitas Andalas, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya peringkat IPLM Kota Padang dari tahun ke tahun. Perolehan nilai IPLM Kota Padang pada tahun 2023 tidak mencapai target kinerja yang ditetapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Kinerja yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang dalam upaya meningkatkan IPLM di Kota Padang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai informan terkait Manajemen Kinerja di Dinas Perpustakan dan Kearsipan dengan teknik purposive sampling yang didukung dengan dokumentasi, dan observasi kegiatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Kinerja Wibowo, yang terdiri dari empat variabel, yaitu Masukan, Proses, Keluaran, dan Manfaat. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang sudah melaksanakan manajemen kinerja pada upaya meningkatkan IPLM di Kota Padang. Perencanaan sudah dilakukan dengan baik berpedoman pada RPJMD meskipun masih terdapat beberapa kekurangan input dalam mendukung pelaksanaan kinerja. Adanya keterbatasan alokasi anggaran APBD sehingga mempengaruhi pelaksanaan kinerja dan hasil kinerja. Kegiatan peningkatan IPLM memberikan dampak positif bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang sendiri maupun masyarakat. IPLM memperkuat keberadaan perpustakaan dan pengelolaan yang lebih baik, sekaligus menjadi penggerak utama literasi berkelanjutan.

Fulltext View|Download
Keywords: Manajemen Kinerja; IPLM; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Article Metrics:

  1. Bondar, Adin. (2022). “Indikator Pemerintah Urusan Perpustakaan”, Kompasiana. https://www.kompasiana.com/adinbondar.kompasiana.com/629094f0ce96e54f49464f92/indikator-urusan-pemerintah-bidang-perpustakaan. Diakses Pada 8 Maret 2024
  2. Harbani Pasolong. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
  3. LKJIP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2021-2023
  4. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
  5. Soedjati, Liliek. (2015). “Pengguna Perpustakaan Di Era Digital Dalam Perspektif Fenomenologi”. Jurnal Metafora, Volume 2, Nomor 1
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah
  7. Perpusnas RI. (2021). Pedoman Pengukuran Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat. Jakarta: Perpusnas PRESS
  8. Perpusnas RI. (2023). Laporan Akhir Kajian IPLM. Jakarta: Perpusnas Press
  9. Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT.Raja Grafindo Prasada
  10. Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT.Raja

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-05-11 02:33:52

No citation recorded.