skip to main content

Kualitas Pelayanan Pembayaran Denda Pada Tilang Elektronik Di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya

*Arinta Putri Dewanti  -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Abdul Rahman  -  Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mengkaji kualitas pelayanan tilang ETLE di Ditlantas Polda Metro Jaya dalam rangka mendukung transformasi pelayanan publik dan penegakan hukum lalu lintas. Temuan awal menunjukkan adanya ketidakjelasan mekanisme pembayaran, responsivitas yang lambat, dan layanan online error. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan triangulasi dan analisis data interaktif. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik menurut Ridwan dan Sudrajat dalam (Rachman, 2021), yang terdiri dari 1) Prosedur Pelayanan, 2) Waktu Penyelesaian, 3) Biaya Pelayanan, 4) Produk Pelayanan, 5) Sarana dan Prasarana, dan 6) Kompetensi Petugas Pemberi Layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan tilang ETLE di Ditlantas Polda Metro Jaya belum efektif. Hal ini terlihat pada indikator prosedur pelayanan yang belum efektif karena situs web yang dibatasi. Pada indikator waktu penyelesaian belum memiliki standar waktu yang konsisten hingga menyebabkan antrean panjang dan layanan yang cukup lama. Indikator biaya pelayanan pun belum efektif karena masih ditemukannya pungli di daerah pelayanan, serta indikator sarana prasarana belum memadai untuk mendukung pelayanan. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan kapasitas website, memperbaiki standar waktu dengan membuat sistem antrean secara online dan menambah opsi pengiriman surat, mengembangkan sistem pelaporan online yang dapat diakses oleh masyarakat secara anonim dan menambah fasilitas fisik yang ada di Posko guna mengoptimalkan pelayanan.

Fulltext View|Download
Keywords: Electronic Traffic Law Enforcement; Pelayanan Publik; Tilang

Article Metrics:

  1. Abdullah, Farid Azis, dan Feny Windiyastuti. 2022. “Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE ) sebagai Digitalisasi Proses Tilang.” Jurnal Kewarganegaraan 6(2):3004–8. doi: https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3242
  2. Angelita, Meigy, Sampara Lukman, dan Irwan Tahir. 2022. “Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile JKN Pada BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan.” Medium 9(2):292–305. doi: 10.25299/medium.2021.vol9(2).10073
  3. Humas Polri. 2021. “E-TLE Nasional Diluncurkan, 12 Polda Terapkan Tilang Elektronik.” Setkab.go.id. Diambil 18 April 2024 ( https://setkab.go.id/e-tle-nasional-diluncurkan-12-polda-terapkan-tilang-elektronik/)
  4. Indriani, Fierda Nurany, Amara Nasya Damayanti, Ferra Aetika Wulandari, Fadillah Nuzul Furqonia, dan Akhmad Sulthon A.H.K. 2021. “Kualitas Pelayanan Publik Pada Layanan E-Tilang Surabaya.” Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi 9–22. doi: 10.30649/aamama.v24i1.51
  5. Maulidiah, Sri. 2014. Pelayanan Publik; Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). 1 ed. diedit oleh R. Rauf. Bandung: CV. Indra Prahasta
  6. Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Jhonny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. 3 ed. United States of America: SAGE Publications, Inc
  7. Pane, Tegar, Femmy M. G. Tulusan, dan Gustaaf Buddy Tampi. 2020. “Efektivitas Unit Layanan Administrasi Dalam Pengelolaan Data Di Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Administrasi Publik 6(91):1–6
  8. Peraturan Pemerintah. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor Di Jalan Dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Indonesia
  9. Rachman, Marjoni. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. diedit oleh T. Media. Samarinda: CV Tahta Media
  10. Rahmadana, Muhammad Fitri, Arin Tentrem Mawati, Nurhayati Siagian, Mori Agustina Perangin-angin, John Refelino, Moch. Yusuf Tojiri, Valentine Siagian, Nur Arif Nugraha, Sardjana Orba Manullang, Marto Silalahi, Devi Yendriano, Anggri Puspita Sari, Made Nopen Supriadi, Marlynda Happy Nurmalita Sari, dan Syamsul Bahri. 2020. Pelayanan Publik. 1 ed. diedit oleh J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita Menulis
  11. Satibi, Iwan. 2023. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Lemlit Unpas Press
  12. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Vol. 1. Bandung: Alfabeta
  13. Syafitri, Endah, dan Dadang Mashur. 2022. “Efektivitas Implementasi Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Kota Pekanbaru.” Cross-border 5(2):1322–37
  14. Undang-Undang RI. 2009a. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  15. Undang-Undang RI. 2009b. UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  16. Undang Undang No. 2 Tahun 2002. 2002. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Vol. 1999

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-11-03 07:39:21

No citation recorded.