PELATIHAN MENGGUNAKAN YUKATA SEBAGAI PEMBELAJARAN MENGENAL BUDAYA JEPANG

*Reny Wiyatasary -  Departemen Linguistik Undip, Indonesia
Iriyanto Widisuseno -  Departemen Linguistik Undip, Indonesia
Budi Mulyadi -  Departemen Linguistik Undip, Indonesia
Yuliani Rahmah -  Departemen Linguistik Undip, Indonesia
Sri Sudarsih -  Departemen Linguistik, Indonesia
Published: 10 Nov 2017.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 176 294
Abstract

ABSTRAK

 

Budaya Jepang sangat beragam. Salah satu diantaranya adalah yukata pakaian tradisional Jepang sejenis kimono yang dikenakan orang Jepang pada saat musim panas. Sebagai salah  satu produk budaya Jepang, yukata tidak begitu terkenal seperti kimono. Orang-orang lebih mengenal kimono sebagai pakaian tradisional Jepang.

Untuk lebih mengenalkan yukata serta cara pemakaiannya  maka pada tanggal 14 Oktober 2017 Program Studi D3 Bahasa Jepang FIB Universitas Diponegoro Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk work shop dengan mengundang orang Jepang yang sedang melaksanakan Program Nihonggo Partner di wilayah Semarang untuk menjadi nara sumber yang akan menjelaskan tentang yukata serta mengajarkan cara pemakaiannya. Adapun yang menjadi peserta work shop ini adalah para siswa SMU di wilayah Semarang dan sekitarnya berserta para mahasiswa pembelajar bahasa Jepang.

Tujuan dari diselenggarakannya Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mengambil tema yukata ini agar para pembelajar bahasa Jepang bisa banyak belajar tentang budaya Jepang terutama tentang yukata yang belum banyak diketahui umum..

Beberapa hasil yang dicapai dari penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat ini salah satunya adalah para peserta bisa memperoleh pengetahuan yang cukup mendalam mengenai yukata dan cara memakainya. Pengetahuan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan motivasi mereka mempelajari bahasa dan budaya Jepang.

 

Kata kunci :  budaya, Jepang ,pakaian,, tradisionali,yukata

Article Metrics:

  1. Aoyama,. 2009. ” Sekai no Nihonggo Kyoushitsu kara’, Tokyo. Kabushiki Gaisha Aruku
  2. Shntani. 2009. Nihon no Shikitari Tokyo, Jitsugyou Nihonsha.
  3. https://nekonia48.wordpress.com/2014/02/15/perbedaan-kimono-dan-yukata-4/