Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

KETENTUAN PENULISAN  JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
HARMONI

 

  1. SEKILAS TENTANG JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT HARMONI
    Harmoni adalah  jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang mempublikasikan artikel-artikel yang berkaitan dengan hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh staf pengajar di Departemen Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro . Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal Harmoni merupakan out put dari  pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema meliputi pelatihan dan pengenalan bahasa dan budaya,  penerapan metode pengajaran,  dan tema-tema lainnya. Jurnal Harmoni hanya mempublikasikan artikel-artikel yang ditulis oleh Staf Pengajar di Departemen Linguistik  FIB UNDIP. 
  2. PENULISAN JUDUL, NAMA DAN ALAMAT PENULIS
    Judul artikel, nama penulis (tanpa gelasr akademis), dan alamat afiliasi penulis ditulis rata tengah pada halaman pertama di bawah judul artikel. Jarak antar baris antara judul dan nama penulis adalah 2 spasi, sedangkan jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah 1 spasi. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata.Jika penulis lebih dari satu, tuliskan nama-nama penulis dengan dipisahkan oleh koma(,). Jika nama penulis terdiri dari dua kata, kata pertama penulis  sebaiknya tidak disingkat. Jika nama penulis  hanya terdiri dari satu kata, tuliskan nama sebenarnya  dalam satu kata, namun demikian di versi online(HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata ( Camdali & Tune,2006;Fridman,2008)
  3. PETUNJUK UMUM PENULISAN NASKAH MANUSKRIP

Naskah manuskrip yang sudah memenuhi petunjuk penulisan jurnal Harmoni ( dalam format MS Word ) harus dikirimkan dengan ketentuan:

  1. Untuk Staf Pengajar Bahasa Inggris  pengiriman naskah manuskrip melalui email _____
  2. Untuk Staf Pengajar Bahasa Jepang pengiriman naskah manuskrip melalui email  (budi.mulyadi@live.undip.ac.id)

Petunjuk submit manuskrip secara daring dapat dilihat dibagian petunjuk Submit Online di bawah. Naskah manuskrip yang tidak sesuai petunjuk penulisan jurnal Harmoni  akan dikembalikan ke penulis terlebih dahulu sebelum dilanjutkan proses penelaahan.

Naskah manuskrip yang ditulis harus mengandung komponen-komponen artikel ilmiah berikut ( sub judul sesuai urutan )

A)    Judul artikel
B)    Nama penulis ( tanpa gelar )
C)    Alamat afiliasi penulis
D)    Abstrak dan Kata Kunci
E)     Pendahuluan
F)    Metode
G)    Hasil dan pembahasan
H)   Simpulan
I)    Daftar pustaka

Ketentuan lain

  1. Penulisan sub judul dibagian isi artikel  ( Pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan dan Kesimpulan ) harus diberi nomor urut format  angka arab berurut  dimulai dari angka satu. Sub judul ditulis dengan huruf tebal  dengan format Title Case dan disusun rata kiri dan menggunakan format penomoran level dua.
  2. Naskah manuskrip ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jumlah halaman maksimum 8 halaman termasuk gambar dan tabel
  3. Naskah manuskrip  harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak.
  4. Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210x297mm) dan dengan format margin kiri 25mm, margin kanan 20mm, margin bawah 20mm dan margin atas 20mm
  5. Naskah ditulis dengan jenis huruf Time new Roman dengan ukuran font 12 pt ( kecuali judul artikel, nama penulis  dan judul abstrak)
  6. Jarak 1 spasi
  7. Tabel dan gambar diletakan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar (Figur Caption) disebelah bawah gambar tersebut  dan bernomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel dan bernomor urut angka arab di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel

 

PETUNJUK KHUSUS PENULISAN ISI ARTIKEL

  1. JUDUL ARTIKEL
    Judul artikel ditulis secara singkat dan jelas, dan harus menunjukkan  dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya denag huruf kapital secara simetris. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.
  2. PENDAHULUAN
    Pendahuluan berisi (secara berurutan) latar belakang umum  serta tujuan diselenggrakannya Pengabdian Kepada Masyarakat
  3. METODE PENELITIAN
    Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penulisna artikel Pengabdian Kepada masyarakat ini
  4. HASIL DAN PEMBAHASAN
    Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil serta temuan pada saat menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Hasil pengabdian Kepada masyarakat dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik, gambar atau fhoto sesuai kebutuhan untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal
  5. SIMPULAN
    Simpulan menggambarkan jawaban dari hipotesa atau jawaban dari tujuan dilaksanakannnya Pengabdian Kepada Masyarakat. Simpulan bukan berisi pengulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti  diharapkan ditujuan.
  6. UCAPAN TERIMA KASIH
    Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada pihak yang telah membantu serta mau bekerja sama dalam penyelenggaraan Pengabdian Kepada masyarakat.
  7. DAFTAR PUSTAKA
    Semua rujukan-rujukan yang diacu dalam teks artikel harus didaftarkan dibagian Daftar Pustaka

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.